EVALUASI KEBERHASILAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI MENGACU KKNI MENGGUNAKAN SISTEM PAKAR
Abstrak
Berdasarkan Amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 dan Perubahan Permenristekdikti RI Nomor 50 tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pengembangan kurikulum harus mengacu terhadap Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pengembangan ini meliputi aspek kecerdasan intelektual, akhlak mulia dan keterampilan yang mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) terdapat dalam Peraturan Pemerintah No. 08 Tahun 2012 dan UU Perguruan Tinggi No 12 Tahun 2012 tentang kurikukulum S1 yang berdasarkan capaian pembelajaran profil lulusan. Tujuan dari pengembangan ini untuk mencapai lulusan yang berkualitas. Untuk itu, diperlukan suatu sistem pakar dalam pengujian terhadap keberhasilan kurikulum Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keberhasilan dalam penerapan kurikulum mengacu KKNI secara tepat sesuai dengan capaian pembelajaran (CPL) dengan menggunakan sistem pakar. Sistem Pakar yang dibuat menerapkan metode Forward Chaining berbasis web dengan pemograman PHP. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data Kurikulum Perguruan Tinggi mengacu KKNI di Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Muara Bungo. Hasil penelitian ini dapat menguji tingkat akurasi penerapan kurikulum mengacu KKNI secara tepat, sehingga dapat digunakan sebagai rekomendasi dalam penyusunan kurikulum oleh program studi.
Referensi
Azmi, Z., & Yasin, V. (2017). Pengantar Sistem Pakar dan Metode. Mitra Wacana Media.
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2018). Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Harjanto, A., Karnila, S., & Nugraha, F. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Konsultasi Perilaku Siswa Di Sekolah Menggunakan Metode Forward Chaining. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(2), 817–824. https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2367
Husin, A., Usman, & Faren, M. P. (2018). Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Berdasarkan Keluhan Buang Air Kecil. 4, 277–285.
Mujiastuti, R., Abdussani, A., & Adharani, Y. (2018). Sistem Pakar Untuk Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Metode Forward Chaining. Universitas Stuttgart, 1–12.
Pakpahan, A. V., & Doni, D. (2019). Implementasi Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosis Organisme Pengganggu Tanaman (Opt) Kopi. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 10(1), 117–126. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2800
Setiawan, D. (2017). Pengembangan Model Kurikulum Berorientasi KKNI di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 112. https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i2.8239
Solekah, umu nur, & Nita, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kandungan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Website. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 0, 76–83.
Waseso, H. P., & Hidayat, M. S. (2017). Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi PGMI Unsiq Jawa Tengah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 33–48. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1376
Keywords | : |
Kata Kunci:
KKNI, Expert system, PHP Programming KKNI, Expert system, PHP Programming
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-03-07
|
Cara Mengutip | : |
tujantri, harkam, & Wulandari, T. (2022). EVALUASI KEBERHASILAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI MENGACU KKNI MENGGUNAKAN SISTEM PAKAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 267–274. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.712
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|