PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE DRILL/LATIHAN DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATAKULIAH KONSEP TEKNOLGI INFORMASI

Muhammad Hakiki ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0001-7459-7952 )
Rini Sefriani ( Universitas Putera Indonesia "YPTK" Padang )

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses pemebelajaran serta masih rendahnya keinginan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berfikir untuk menggali informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode Drill/latihan dengan bantuan media visual pada programstudi pendidikan teknologi informasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 pada matakuliah konsep teknolgi informasi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis data Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode Drill/latihan dengan bantuan media visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah konsep teknolgi informasi. Rincian hasil observasi pendidik pada siklus I pertemuan I dengan rata- rata persentase sebesar 75% pertemuan ke II 83,33% dan pada siklus II pertemuan I sebesar 83,33% pertemuan ke II sebesar 91,66% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi peserta didik pada siklus I pada pertemuan I dengan persentase sebesar 40% pertemuan ke II 66,66% dan siklus II pertemuan I sebesar 73,33% pertemuan ke II 80%. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 46,66% meningkat menjadi 53,33% pada siklus II. Disimpulkan bahwa penggunaan metode Drill/latihan dengan bantuan media visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah konsep teknolgi informasi.

Referensi

Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan kelas. Yogyakarta: Cipta Media.
Anas, Muhammad. 2020. Mengenal Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Gramedia.
Djamarah.2020.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakiki, M. (2020). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURUPLK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 633-642.
Iskandar, Dadang, dan Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Jawa Tengah: Ibya Media.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sumiharsono, Rudi M dan Hisbiyatul Hasanah. (Ed). 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-07
Cara Mengutip  :  
Hakiki, M., & Sefriani, R. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE DRILL/LATIHAN DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATAKULIAH KONSEP TEKNOLGI INFORMASI. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 247–254. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.710
Terbitan  :