UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN 105/II DESA RAMBAH

SUBHANADRI SUBHANADRI ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
Ririn Indriyani ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media dalam penerapannya siswa kurang aktif dalam pembelajaran seperti diskusi kelompok dan bertanya. Selain itu, dari data yang diperoleh hasil belajar IPA siswa masih rendah yaitu masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Picture and Picture dalam Pembelajaran IPA. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri No.105/II Desa Rambah yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi penilaian kinerja guru dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja guru pada siklus I pertemuan I diperoleh skor 69,32% dengan criteria baik, pertemuan II dengan skor 72,73% dengan criteria baik. Pada siklus II pertemuan I memperoleh dengan skor 82,95% criteria sangat baik, pada siklus II pertemuan ke II dengan skor 100%. Dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 33% dan siklus I pertemuan II sebesar 50%. Pada siklus II pertemuan I sebesar  67% dan pertemuan II sebesar 94%.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2018-11-15
Cara Mengutip  :  
SUBHANADRI, S., & Indriyani, R. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN 105/II DESA RAMBAH. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 1–10. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/68
Terbitan  :