PENGEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE STBCT GUNA MENINGKATKAN CAPAIAN BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BUNGO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi melalui penerapan metode belajar SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Bungo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Keberhasilan PTK dilihat dari adanya peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada nilai diskusi dari 76,67 % pada siklus I menjadi 90,9% pada siklus II. Serta ketuntasan belajar klasikal pada nilai evalusi dari 75,75 % pada siklus I menjadi 93,93 % pada siklus II. Selain itu, juga terjadi peningkatan terhadap rata-rata hasil belajar peserta didik. Dengan bukti jika dalam siklus I nilai rata-rata kelas pada nilai diskusi 62,2 pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 75,72. Sedangkan nilai rata-rata evaluasi siklus I 66,25 mengalami peningkatan menjadi 76,30. Maka dapat disimpulkan bahwa metode belajar SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa di kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Bungo
Referensi
Dimyati & Mudjiono, Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Ratno, H. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis, Yogyakarta: Kanisius, 2007.
Sagala, Syaiful, Konsep dan makna Pembelajaran, Bandung: CV Alfabeta, 2003.
Yamin, Martinis, dkk. Manajemen Pembelajaran Kelas, Jakarta: Gaung Persada, 2009.
Keywords | : |
Kata Kunci:
PTK, STBCT, Capaian Belajar PTK, STBCT, Capaian Belajar.
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-03-07
|
Cara Mengutip | : |
sugihartini, sugihartini. (2022). PENGEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE STBCT GUNA MENINGKATKAN CAPAIAN BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 204–211. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.643
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|