UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 19 BUNGO

zulfahmi zulfahmi ( SMA N 19 Bungo )

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik. PTS dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah 7 orang guru SMAN 19 Bungo yang memenuhi kriteria perlu diberikan pembinaan melalui supervisi akademik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, studi literatur, dan dokumentasi. Observasi langsung untuk mengukur kompetensi guru dalam mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran di kelas. Hasil kompetensi guru pada siklus I sebesar 74,1 meningkat menjadi 86 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam proses pembelajaran telah meningkat melalui penerapan supervisi akademik.

Referensi

Aina, Mulyana, 2012, Penilaian Hasil Belajar. Di akses di http://ainamulyana. blogspot.com/2012/02/penilaian-hasil-belajar.html,tanggal 23 Februari 2019, hal 1

Glickman, C. D., et al., 2007, Supervision of instruction: A developmental Approach, Needham Heights, MA: Allyn and Bacon, hal 12

Permendikbud No 22 Tahun 2016 berisi tentang Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Mengenai Standar Proses Pelaksanaan Pembelajaran Pada Satuan Pendidikan Dasar Dan Satuan Pendidikan Dasar Menengah Untuk Mencapai Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

Sanjaya, Wina, 2005, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, hal 13-14

Keywords  :  
Kata Kunci: teacher competence, learning process, academic supervision teacher competence, learning process, academic supervision
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-07
Cara Mengutip  :  
zulfahmi, zulfahmi. (2022). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 19 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 212–221. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.641
Terbitan  :