UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMAN 1 BUNGO
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas/PTK (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn melalui model discovery learning siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Bungo. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bungo, dengan subjek adalah peserta didik kelas X IPS 3 pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data dalam penelitian ini adalah data observasi tentang aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Dari hasil observasi, aktivitas siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Siklus I diperoleh nilai sebesar 58 dengan kriteria baik, siklus II diperoleh nilai aktivitas sebesar 66,07 dengan kriteria baik. Siklus III diperoleh nilai sebesar 76,19 dengan kriteria sangat baik, sehingga terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus II ke siklus III yaitu sebesar 10,12. Berdasarkan data hasil belajar, diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 71,79. Siklus II sebesar 73,13 dan pada siklus III sebesar 79,11 dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,34 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 5,98. Berdasarkan data ketuntasan, pada siklus I hanya 28.6,% yang telah tuntas. Pada siklus II sebanyak 25% dinyatakan telah tuntas. Pada siklus III sebanyak 82,14% dinyatakan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Referensi
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung.
Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Activities, Learning Outcomes, PPkn activities, learning outcome, PPKN
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-03-04
|
Cara Mengutip | : |
sumirna, sumirna. (2022). UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMAN 1 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 126–134. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.639
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|