MEMAKSIMALKAN KOMPETENSI SENAM LANTAI MELALUI METODE PRACTICE STYLE DENGAN CARD TASK DI SMAN 1 BUNGO

safrial, b ( SMA N 1 Bungo )

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan yang muncul di kelas XI MIPA SMAN 1 Bungo yaitu siswa merasa kurang berminat mengikuti pembelajaran headstand karena takut melakukan latihan headstand dan kurang memahami tentang penjelasan gerakan headstand yang benar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pada pelaksanaan siklus I satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan, dimana pada setiap siklusnya akan terlihat peningkatan hasil belajar headstandnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Bungo. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase ketuntasan belajar pada siklus I, aspek keterampilan 11,76% dengan skor rata-rata 51,18, aspek sikap 58,82% dengan skor rata-rata 73,53 dan 64,71% aspek pengetahuan dengan nilai rata-rata 76,18. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi, aspek keterampilan 70,59% dengan nilai rata-rata 71,91, aspek sikap 76,47% dengan nilai rata-rata 76,47 dan aspek  pengetahuan 91,18% nilai 83,53. Hasil belajar pada siklus I yang dapat memenuhi KKM sebanyak 17,65% dari total siswa dengan nilai rata-rata 65,44 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,5% dari total siswa dengan nilai rata-rata 76,76. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode practical style dengan media task card dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Bungo.

Referensi

Adang Suherman. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Husdarta dan Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Husdarta. 2010. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung. Alfabet
IGAK Wardhani, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Max Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV IKIP Semarang Press
Endang Sri Retno. 2009. Sejarah Olahraga. Semarang. UNNES Nadisah. 1992. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: direktorat jenderal pendidikan tinggi
Sugiyanto. 2008. Perkembangan dan Belajar Gerak Motorik. Universitas Terbuka
https://onopirododo.wordpress.com/2012/12/14/10-gaya-mengajar-menurut-moska-mosston/. Akses tanggal 15 Desember 2019.

Keywords  :  
Kata Kunci: Practical Style, Task Card, Learning Outcome practical style, task card, learning outcome
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-04
Cara Mengutip  :  
b, safrial,. (2022). MEMAKSIMALKAN KOMPETENSI SENAM LANTAI MELALUI METODE PRACTICE STYLE DENGAN CARD TASK DI SMAN 1 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 135–142. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.638
Terbitan  :