UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK STRIP DI SMAN 2 BUNGO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan media komik strip. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 2 Bungo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase motivasi motivasi pada siklus I sebesar 58,53% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 81,96% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 62,22% dengan nilai rata-rata mencapai 72,8. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 84,44% dengan nilai rata-rata 84,06. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media komik strip dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Bungo.
Referensi
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Keywords | : |
Kata Kunci:
Comic Strip, Motivation, Learning Outcomes comic strip, motivation, learning outcome
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-03-04
|
Cara Mengutip | : |
syaifuddin, mokhammad. (2022). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK STRIP DI SMAN 2 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 143–155. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.637
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|