PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA ASPEK PEDAGOGI DALAM MENGEMBANGKAN RPP DI SMAN 5 BUNGO

agus wiyanta ( SMA N 1 Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru aspek pedagogi dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui supervisi klinis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas X MIPA, X IPS, XI MIPA, XI IPS, XII MIPA dan XII IPS SMAN 5 Bungo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung kompetensi guru dalam mengembangkan RPP. Keberhasilan PTS dilihat dari adanya peningkatan kinerja dari rerata skor 72,1 % pada siklus I dengan kategori baik menjadi 86% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru pada aspek pedagogi dalam mengembangkan RPP

Referensi

Mulyasa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permedikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Cetakan II. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah B. 2009. Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto, Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Keywords  :  
Kata Kunci: clinical supervision, teacher performance, lesson plans clinical supervision, teacher performance, lesson plans
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-07
Cara Mengutip  :  
wiyanta, agus. (2022). PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA ASPEK PEDAGOGI DALAM MENGEMBANGKAN RPP DI SMAN 5 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 275–280. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.635
Terbitan  :