UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS III SDN 38/II PAUH AGUNG

Puput Wahyu Hidayat ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
NURLEV AVANA ( )
RITA SUMARTI ( )

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang tidak tepat. Proses yang dilakukan di kelas juga kurang menyenagkan, sehingga menyebabkan hasil belajar dan proses belajar siswa di kelas III SD Negeri No.38/II Pauh Agung rendah. Sehingga dengan adanya masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model Number Head Together.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, yang dilaksanakan secara kolaboratif antara praktisi dan observer. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri No. 38/II Pauh Agung. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas III. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulandata menggunakan metode tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan dengan pembelajaran menggunakan Model NHT dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian tersebut adalah: 1) proses pembelajaran oleh guru dari 56,82% pada siklus 1 meningkat menjadi 79,55% pada siklus 2, 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 67 pada siklus 1 menjadi 86 pada Siklus 2.

 


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-10-12
Cara Mengutip  :  
Hidayat, P. W., AVANA, N., & SUMARTI, R. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS III SDN 38/II PAUH AGUNG. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.608
Terbitan  :