PENGARUH MEDIA KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018

Yuliatma Yuliatma ( A SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IX A ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas IX B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Intrumen penelitian ini menggunakan tes esai. Berdasarkan teknik analisis data, hasil penelitian adalah rata-rata sebesar 81,54 dengan menggunakan media karikatur dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sangat baik 16 orang (66,67%) dan siswa yang memperoleh nilai 66-69 baik 8 orang (33,33%) oleh siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun pembelajaran 2017- 2018. Nilai rata-rata sebesar 71,22 dengan menggunakan model ceramah dengan rincian siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat baik 1 orang (4,16%), siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik 21 orang (87,5%) dan siswa yang memperoleh nilai 56-65 cukup 2 orang (8,34%). Media karikatur lebih berpengaruh dalam menulis naskah drama dibandingkan dengan model ceramah. Selanjutnya pengujian hipotesis > yaitu ( 3,45 >1,676). Dengan demikian, hipotesis berbunyi terdapat “Pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Muara Bungo Tahun Pembelajaran 2017-2018”.


Keywords  :  
Kata Kunci: Media karikatur, Model ceramah, Menulis naskah Caricature media, Lecture model, Writing script
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-10-05
Cara Mengutip  :  
Yuliatma, Y. (2021). PENGARUH MEDIA KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 33–39. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.598
Terbitan  :