UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO

Marief Arief ( SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO )

Abstrak

Seorang guru diharuskan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Demikian pula yang terjadi dengan proses belajar mengajar di sekolah yang harus memiliki perencanaan. Penelitian ini meliputi lima unsur yaitu; membuat program tahunan, membuat silabus, membuat program semester, membuat RPP, serta membuat program ulangan atau evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan upaya peningkatan kompetensi guru di SMP Negeri 3 Bungo serta melihat sejauh mana langkah supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Berdasarkan hasil analisa pada tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 3 Bungo muncul permasalahan rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus dan RPP.


Keywords  :  
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, SMP 3 Bungo, Kompetensi guru Learning Evaluation, SMP 3 Bungo, Teacher Competence
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-09-26
Cara Mengutip  :  
Arief, M. (2021). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594
Terbitan  :