PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN 40/VI

PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN 40/VI

nurlav avana ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran Matematika realistik berbasis teori belajar bruner dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 40/VI Rantau Panjang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan model pembelajaran Matematika realistik berbasis teori belajar bruner dalam meningkatkan proses serta hasil belajar Matematika di kelas IV. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu 24 orang, 16 orang siswa perempuan dan 8 orang siswa laki-laki, Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran Matematika realistik berbasis teori belajar bruner dilihat dari lembar observasi yaitu siklus I dari aspek guru dengan nilai rata-rata 80,6% dan aspek siswa dengan nilai rata-rata 64,55% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dari aspek guru dengan nilai rata-rata 90,625% dan aspek siswa dengan nilai rata-rata 76,99% yang telah mencapai indicator) penerapan model pembelajaran Matematika realistik berbasis teori belajar bruner dalam pembelajaran pada siklus I masih belum maksimal.


Keywords  :  
Kata Kunci: PMR, Bruner Learning Theory, Mathematical Learning Process and Outcomes PMR, Bruner Learning Theory, Mathematical Learning Process and Outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-08-17
Cara Mengutip  :  
avana, nurlav. (2021). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN 40/VI: PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN 40/VI. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(2), 185–193. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i2.545
Terbitan  :