PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

yeni fristina ( SD Negeri 04/II Muara Bungo )

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di Kelas kelas 1 SDN 04/II Muara Bungo, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dari 25 siswa hanya 40% yang memenuhi KKM. Penyebabnya adalah pendidik hanya menggunakan metode ceramah yang tidak menarik minat siswa untuk belajar.

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan mengetahui  penerapan metode Demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar matematika di Kelas 1. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilkasanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan terdiri dari dua kali pertemuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan membuktikan bahwa nilai rata-rata meningkat dari 73 menjadi 84 sehingga ketuntasannya mencapai 90% siswa 100% semua siswa sangat aktif dalam proses pembelajaran. Mereka berusaha dengan cepat menjodohkan kartu soal dan kartu jawaban, maka usaha yang di lakukan penulis sudah cukup baik dan perbaikan ini di hentikan sampai di sini.


Keywords  :  
Kata Kunci: Demonstrasi Method, Learning Achievement, Mathematics Learning Demonstration Method, Learning Achievement, Mathematics Learning.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-03-13
Cara Mengutip  :  
fristina, yeni. (2021). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(2), 125–138. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i2.499
Terbitan  :