IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VAK DAN PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 33 JAKARTA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar matematika pada model pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik (vak) dan model problem based learning (pbl) terhadap siswa SMP Muhammadiyah 33 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dan simple random sampling. Instrumen adalah instrument tes berupa 8 soal essay. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan SPSS 16,0. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan uji persyaratan data. Uji persyaratan data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil perhitungan uji normalitas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai sig. > α, artinya data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Pada uji homogenitas juga diperoleh nilai sig, artinya kedua data memiliki varians yang homogen. Selanjutnya, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t sampel bebas (independent). Berdasarkan perhitungan, diperoleh nilai sig. < α dan nilai , sehingga ditolak dan hasil belajar matematika peserta didik yang diberi model pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik (vak) lebih tinggi daripada hasil belajar yang diberi model pembelajaran problem based learning. Dengan demikian, model pembelajaran VAK lebih baik dari model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP Muhammadiyah 33 Jakarta.
Kata kunci: model pembelajaran vak, model pembelajaran pbl, upaya meningkatkan hasil belajar
Referensi
Matematika, P. P. (2011). Peran, Fungsi, Tujuan, dan Karakteristik Matematika Sekolah. Retrieved from Kemdikbud website: http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/artikel/2011/10/05/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/
Mawartiningsih, L. (2016). Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Telaah Kurikulum Mahasiswa Pendidikan Biologi 2012. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 441–444. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/175421-ID-model-pembelajaran-vak-visualization-aud.pdf
National Research Council of The National Academies. (2011). Deeper Learning and 21st Century Competencies: An Overview. In Education for Life and Work : Guide for Practitioners (Vol. 24, p. 3). https://doi.org/https://doi.org/10.17226/13398
OECD. (2018). PISA for Development : Results in Focus.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) : What Students Know and Can Do. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pangesti, W. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/05/11.-Seri-Manual-GLS_Pentingnya-Memahami-Gaya-Belajar.pdf
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Surat, I. M. (2016). Pembentukan Karakter dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Emasains, V(1), 57–65.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun dibanding Tahun 2015. (January), 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Keywords | : |
Kata Kunci:
model pembelajaran vak, model pembelajaran pbl, upaya meningkatkan hasil belajar Model Pembelajaran VAk, Model Pembelajaran PBL, Upaya meningkatkan Hasil Belajar
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2021-02-15
|
Cara Mengutip | : |
Nengsih, R. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VAK DAN PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 33 JAKARTA. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(2), 45–53. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i2.458
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|