UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAAMBOOZLE KELAS IV UPT SD NEGERI BATURETNO I TUBAN

Iis Daniati Fatimah ( Universitas PGRI Ronggolawe )
Novialita Angga Wiratama ( Universitas PGRI Ronggolawe )
Fera Dwi Darti ( Universitas PGRI Ronggolawe )

Abstrak

Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS kelas IV setelah penggunaan media game Baamboozle. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun subyek penelitian berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian didapati hasil sebanyak 14 siswa atau 74% siswa dari seluruh siswa mendapatkan nilai dibawah 60 dibandingkan data nilai siklus I yang hanya 10 siswa atau 53%, sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas adalah 5 siswa atau 26% siswa dari seluruh siswa mendapatkan nilai di atas 70. Hasil observasi aktiIVtas siswa dalam pembelajaran terdiri dari: 1) siswa berusaha untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti; 2) siswa berusaha mengerjakan permasalahan IPAS dengan cara sendiri; 3) siswa berusaha menyelesaikan permasalahan IPAS sesuai langkah-langkah yang telah dipelajari.

Kata kunci: Hasil belajar; IPAS; Game Baamboozle

Referensi

Andriyani, Y., Safitri, N., & Yuniar, Y. (2024). Penggunaan Media Interaktif Baamboozle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 816–824. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/18339/9171

Annisa, I. S., Hasibuan, M. F., & Silaban, L. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Media Articulate Storyline Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 067241 Medan Denai. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 346–354.

Chumaidi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Baamboozle Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Riba, Bank Dan Asuransi Di Kelas X MAN 2 Tuban.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Farhan, M., & Soleh, D. A. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Puzzle Kelas V Sekolah Dasar. 10.

Ginanjar, D., Fuad, F., Abduh, M., Mulyana, B. B., Rahman, A. M., & Nuraeni, H. (2024). Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Adaptasi terhadap Perubahan Zaman dan Kebutuhan Masyarakat. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(3), 296–306. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i3.3980

Lestari, I. L., Sarjani, T. M., & Wahyuni, A. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MAN 2 Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 82–93. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.39555

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/1214%0Ahttps://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/download/1214/411

Magdalena, I., Syariah, E. N., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran Sbdp Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 276–287. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nursaadah, R. (2023). Pengembangan Media Games Baamboozle Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Sahnan, A., & Wibowo, T. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.783 https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.783

Sari, R. M., & Pertiwi, R. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri. 3(2), 58–64. https://doi.org/10.36636/primed.v5i2.5450

Siregar, H. T. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 215–226. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk%0AFaktor-Faktor

Susanti, M. D. E., Wibawa, R. P., & Putra, I. G. L. (2024). Edukasi Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Inovatif kepada Guru di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. SN-PKM UNUSA, 222–231.

Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324

Utomo, S. T. (2020). Inovasi Kurikulum Dalam Dimensi Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 3(1), 19–38. https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1570


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-10
Cara Mengutip  :  
Fatimah, I. D., Novialita Angga Wiratama, & Fera Dwi Darti. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAAMBOOZLE KELAS IV UPT SD NEGERI BATURETNO I TUBAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3705
Terbitan  :