A PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PPR PADA SISWA KELAS III SDN 127/II SUNGAI ARANG KECAMATAN BUNGO DANI

Bahasa Indonesia

Abdul Zhafran ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

                Latar belakang penelitian ini adalah Kurangnya kesadaran siswa saat belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan metode pembelajaran yang diterapkan kurang inovatif serta nilai ulangan harian Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan model PPR dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III SDN 127/II Sungai Arang Kecamatan Bungo Dani. 2) Untuk mengetahui penerapan model Paradigma Pedagogi Reflektif dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III SDN 127/II Sungai Arang.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini terdiri dari 1) Tempat penelitian 2) Waktu penelitian 3) Subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Proses pelaksanaan model PPR dalam peningkatan proses dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Proses mengajar guru pada siklus I pertemuan satu dengan nilai 65% (Cukup baik) pada siklus I pertemuan dua dengan jumlah 75% (Baik), sedangkan siklus II meningkat 80% (Sangat baik). Proses tersebut juga dilihat dari hasil belajar siswa. Pada siklus I pertemuan satu, nilai diperoleh 60% (Cukup) dan pada siklus I pertemuan kedua nilai diperoleh 65% (Cukup). Pada siklus II nilai meningkat 75% (Baik). berarti proses mengajar guru dan proses belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-10-23
Cara Mengutip  :  
Zhafran, A. (2020). A PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PPR PADA SISWA KELAS III SDN 127/II SUNGAI ARANG KECAMATAN BUNGO DANI: Bahasa Indonesia. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(1), 33–41. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i1.367
Terbitan  :