IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UPAYA UNTUK MEMPERBAIKI KECAKAPAN LITERASI MEMBACA SISWA DI UPT SD NEGERI BATURETNO 1 TUBAN

Ayu Nanda Lestari ( a:1:{s:5:"en_US";s:33:"Universitas PGRI Ronggolawe Tuban";} )
Wendri Wirastiwi ( Universitas PGRI Ronggolawe Tuban )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana efektivitas model pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa di UPT SD Negeri Baturetno 1 Tuban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif guna memberikan gambaran menyeluruh mengenai proses penerapan model TaRL dan dampaknya terhadap keterampilan membaca peserta didik. Sebanyak 75 siswa dari sekolah tersebut dilibatkan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta telaah dokumen yang merefleksikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model TaRL.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TaRL memberikan dampak yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa. Sebelum intervensi, mayoritas siswa berada pada level kemampuan membaca dasar seperti Pemula dan Huruf. Namun, setelah penerapan model TaRL, terlihat adanya peningkatan kemampuan yang mencolok. Hasil ini menegaskan bahwa model TaRL sangat efektif dalam mendukung pengembangan kemampuan membaca siswa di jenjang sekolah dasar, yang secara keseluruhan juga berdampak pada peningkatan hasil belajar mereka.

Referensi

Akyol, H., Çakiroǧlu, A., & Kuruyer, H. G. (2014). A study on the development of reading skills of the students having difficulty in reading: Enrichment reading program. International Electronic Journal of Elementary Education, 6(2), 199–212.

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916

Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., Shotland, M., & Walton, M. (2021). Title Mainstreaming An Effective Intervention: Evidence From Randomized Evaluations Of “Teaching At The Right Level” In Indi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Banerji, R., & Chavan, M. (2020). Improving foundational skills through Teaching at the Right Level: Evidence from India. Journal of Educational Change, 21(2), 123–139.

Naamy, N. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF Dasar-Dasar & Aplikasinya. In Rake Sarasin (Nomor Maret). https://repository.uinmataram.ac.id/2853/1/buku Metode Penelitian.pdf

OECD. (2019). PISA 2018 Results. In OECD Publishing: Vol. III. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results-volume-iii-acd78851-en.htm

Paulson, Daryl S.Miles, M. B. & Huberman, A. M. (2008). Qualitative Data Analysis. Biostatistics and Microbiology: A Survival Manual, 101–120. https://doi.org/10.1007/978-0-387-77282-0_6

Report, P. (2012). Early Grade Reading Assessment ( EGRA ): Egypt. March, 2011–2012.

Rostikawati, T., Ismail, I., Nababan, E., & Nuraziza, R. F. (2025). Evaluating the Effectiveness of the Teaching at the Right Level (TaRL) Approach on Fourth-Grade Students’ Email Writing Skills at SDN Lawanggintung 2. Journal of General Education and Humanities, 4(3), 767–774. https://doi.org/10.58421/gehu.v4i3.448

Sefriyana, S., Herlina, H., Asriani, A., Rizal, R., & Pratama, R. A. (2025). Identifying Teaching at the Right Level (TaRL) Approach Practices in Primary School Learning. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 14(2), 377–388. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i2.2141

Snow, C. E., & Matthews, T. J. (2016). Reading and language in the early grades. Future of Children, 26(2), 57–74. https://doi.org/10.1353/foc.2016.0012

Susanti, S. (2024). Efektivitas Penerapan Metode Teaching at the Right Level dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di Kelas 2 SD Negeri 2 Plosorejo: Studi Kasus. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11–18. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i3.2

Tahir, M., Waluyati, I., & Nurbayan, S. T. (2023). _24.+Tasrif. 2(2), 164–170. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v2i2.730

Welch, J. K., & Patton, M. Q. (1992). Qualitative Evaluation and Research Methods. The Modern Language Journal, 76(4), 543. https://doi.org/10.2307/330063


Keywords  :  
Kata Kunci: Teaching at the Right Level, Literasi Dasar, Kemampuan Membaca Teaching at the Right Level, Basic Literacy, Reading
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-04
Cara Mengutip  :  
Lestari, A. N., & Wendri Wirastiwi. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UPAYA UNTUK MEMPERBAIKI KECAKAPAN LITERASI MEMBACA SISWA DI UPT SD NEGERI BATURETNO 1 TUBAN . Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 37–45. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3495
Terbitan  :