Modul Digital Interaktif Berbasis Science Technology Engineering Mathematics (STEM) Pada Materi Energi Terbarukan

Laila Nuraini Fitri laila ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";} )
Vina Serevina ( Universitas Negeri Jakarta )
Ely Rismawati ( Universitas Negeri Jakarta )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital interaktif berbasis STEM dengan memanfaatkan platform Canva dan Heyzine Flipbooks sebagai media bantu. Manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan konsep pembelajaran berbasis STEM, khususnya dalam materi energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 59 Jakarta semester genap tahun 2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan, dengan penilaian dari ahli media sebesar 89% (sangat layak), ahli materi 86% (sangat layak), dan ahli pembelajaran 96% (sangat layak). Hasil uji coba produk juga menunjukkan tingkat kelayakan yang tinggi, yaitu 96% (sangat baik) dari guru dan 85% (sangat baik) dari peserta didik. Dengan demikian modul digital interaktif berbasis STEM pada materi energi terbarukan layak digunakan sebagai bahan ajar fisika di SMA.

Referensi

Afif, F., & Martin, A. (2022). Tinjauan Potensi dan Kebijakan Energi Surya di Indonesia. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, 6(1), 43. https://doi.org/10.30588/jeemm.v6i1.997

Depiani, M. R., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 59. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374

Dewi, I. S., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Analisis Bibliometrik Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis STEM pada Tahun 2011-2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 368. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3904

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (t.t.). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2).

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. 3. https://doi.org/10.21009/JEVET.0031.03

Lutfi, M., & Sodiq, D. (2022). Studi Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Air di Bendungan Cipanas Sumedang. Jurnal Teknik Energi, 11(2), 18–23. https://doi.org/10.35313/energi.v11i2.3534

Maynastiti, D., Serevina, V., & Sugihartono, I. (2020). The development of flip book contextual teaching and learning-based to enhance students’ physics problem solving skill. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1), 012076. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012076

Rahmawati, L., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan aplikasi canva dalam penyusunan media pembelajaran berbasis teknologi. 1.

Risniawati, M., Serevina, V., & Delina, M. (2020). The development of E-learning media to improve students’ science literacy skill in Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1481, 012075. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012075

Serevina, V., & Hamidah, I. (2022). Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) based Geothermal Energy Source Digital Module Assisted by Canva Application. Journal of Physics: Conference Series, 2377(1), 012063. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2377/1/012063

Syarah Syahiddah, D., Dwi Aristya Putra, P., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.438


Keywords  :  
Kata Kunci: Digital Module, STEM, Renewable Energy Digital Module, STEM, Renewable Energy
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-10
Cara Mengutip  :  
laila, L. N. F., Vina Serevina, & Ely Rismawati. (2025). Modul Digital Interaktif Berbasis Science Technology Engineering Mathematics (STEM) Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 132–138. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3434
Terbitan  :