Modul Digital Interaktif Berbasis Science Technology Engineering Mathematics (STEM) Pada Materi Energi Terbarukan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital interaktif berbasis STEM dengan memanfaatkan platform Canva dan Heyzine Flipbooks sebagai media bantu. Manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan konsep pembelajaran berbasis STEM, khususnya dalam materi energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 59 Jakarta semester genap tahun 2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan, dengan penilaian dari ahli media sebesar 89% (sangat layak), ahli materi 86% (sangat layak), dan ahli pembelajaran 96% (sangat layak). Hasil uji coba produk juga menunjukkan tingkat kelayakan yang tinggi, yaitu 96% (sangat baik) dari guru dan 85% (sangat baik) dari peserta didik. Dengan demikian modul digital interaktif berbasis STEM pada materi energi terbarukan layak digunakan sebagai bahan ajar fisika di SMA.
Referensi
Afif, F., & Martin, A. (2022). Tinjauan Potensi dan Kebijakan Energi Surya di Indonesia. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, 6(1), 43. https://doi.org/10.30588/jeemm.v6i1.997
Depiani, M. R., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 59. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374
Dewi, I. S., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Analisis Bibliometrik Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis STEM pada Tahun 2011-2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 368. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3904
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (t.t.). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2).
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. 3. https://doi.org/10.21009/JEVET.0031.03
Lutfi, M., & Sodiq, D. (2022). Studi Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Air di Bendungan Cipanas Sumedang. Jurnal Teknik Energi, 11(2), 18–23. https://doi.org/10.35313/energi.v11i2.3534
Maynastiti, D., Serevina, V., & Sugihartono, I. (2020). The development of flip book contextual teaching and learning-based to enhance students’ physics problem solving skill. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1), 012076. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012076
Rahmawati, L., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan aplikasi canva dalam penyusunan media pembelajaran berbasis teknologi. 1.
Risniawati, M., Serevina, V., & Delina, M. (2020). The development of E-learning media to improve students’ science literacy skill in Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1481, 012075. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012075
Serevina, V., & Hamidah, I. (2022). Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) based Geothermal Energy Source Digital Module Assisted by Canva Application. Journal of Physics: Conference Series, 2377(1), 012063. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2377/1/012063
Syarah Syahiddah, D., Dwi Aristya Putra, P., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.438
Keywords | : |
Kata Kunci:
Digital Module, STEM, Renewable Energy Digital Module, STEM, Renewable Energy
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-10-10
|
Cara Mengutip | : |
laila, L. N. F., Vina Serevina, & Ely Rismawati. (2025). Modul Digital Interaktif Berbasis Science Technology Engineering Mathematics (STEM) Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 132–138. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3434
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|