UTILIZATION OF DIGITAL MEDIA IN MATHEMATICS LEARNING IN PUBLIC ELEMENTARY SCHOOLS IN BANDUNG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media digital dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar negeri di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian terdiri atas guru dan siswa dari sekolah dasar negeri di kota Bandung, dengan sampel yang dipilih secara acak dari 20 sekolah dasar negeri dan setiap sekolah diambil 5 guru dan 6 siswa. Instrumen yang digunakan berupa observasi, angket, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data, yang mencakup persepsi guru dan siswa terhadap pemanfaatan media digital dalam pembelajaran matematika. Jenis data yang diambil meliputi skor responden dari angket, hasil observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkan rata-rata skor dan interpretasinya. Hasil penelitian menunjukkan guru aktif memanfaatkan berbagai media digital dalam pembelajaran matematika, seperti video pembelajaran dan aplikasi edukatif, yang berkontribusi pada peningkatan minat dan keterlibatan siswa. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media digital, dengan 84% menyatakan bahwa pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian juga mengidentifikasi kendala utama, seperti akses internet yang tidak stabil dan keterbatasan perangkat untuk siswa. Kesimpulan penelitian bahwa pemanfaatan media digital dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat meningkatkan minat dan keterlibatan siswa, serta membantu dalam pemahaman konsep-konsep yang abstrak.
Referensi
Azkia, N. F., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh media pembelajaran digital terhadap hasil belajar matematika: meta analisis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1873-1886. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18629
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran inovatif di sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak teknologi digital terhadap pendidikan saat ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145-163.
Hanaris, F. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: Strategi dan pendekatan yang efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Harefa, A. T., Jenita, E., Pebriani, E., & Hanafiah, H. (2023). Pemanfaatan teknologi dalam menunjang pembelajaran: Pelatihan interaktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129.
Lailan, A. (2024). Strategi penggunaan media dan sumber belajar di era digital. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(10), 1752–1763.
Maghfiroh, A. N., Daksana, M., & Salma, S. N. (2024). Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.429
Maulida, B. A., & Mufidah, L. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi TPACK dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik SD Kelas 4. SEMNASFIP.
Narko, N., Juhadi, M., Sepriyanti, N., Wijiati, W., Juliardin, J., & Wahyuni, M. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas III di SD Negeri 001 Ukui. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11525-11533.
Putri, N. Z. (2023). Konsep Kesenjangan Digital dan Faktor yang Mempengaruhi Kesenjangan Digital. Prosiding FTSP Series, 398-402.
Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123-128. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1406
Saputri, M. A., & Nurcholis, I. A. (2022). Challenges Of Inclusive Students In Participating In English Learning At Sd Alam Mahira Bengkulu. Berajah Journal, 2(3), 479-484.
Sitorus, F., Handayani, R., & Yansyah, M. (2025). - Systematic literature review: Tren dan tantangan dalam penggunaan media pembelajaran digital untuk pendidikan matematika. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–15.
Situmeang, N. K., Sasmitha, F., Perangin-Angin, N. A., Mailani, E., Kharismayanda, M., Sinambela, D., & Sihite, D. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1).
Sunarni, T., & Budiarto, D. (2014, November). Persepsi efektivitas pengajaran bermedia virtual reality (VR). In Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.
Suryandari, K. C., Rokhmaniyah, R., Wahyudi, W., Chamdani, M., & Joharman, J. (2020). Pendampingan TPCK: Teknologi, Pedagogi dan Pengetahuan Bagi Peningkatan Kompetensi Guru SD di Kecamatan Kebumen. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.45226
WIDIASTARI, N. G. A. P., & PUSPITA, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215-222. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3519
Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Permasalahan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271-277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187
Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Foristek, 2(1).
Keywords | : |
Kata Kunci:
Digital media, mathematics learning, primary school, technology-based education Digital media, mathematics learning, primary school, technology-based education
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-10-10
|
Cara Mengutip | : |
zatman, Z. P., Yaya Sukjaya Kusumah, Endang Cahya Mulyaning, & Bambang Avip. (2025). UTILIZATION OF DIGITAL MEDIA IN MATHEMATICS LEARNING IN PUBLIC ELEMENTARY SCHOOLS IN BANDUNG. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 113–123. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3432
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|