Pengaruh Penerapan Aplikasi Qraetif Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Tata Surya Di Sd Negeri 07 Sitiung

Radatul Nazaria ( a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Universitas Dharmas Indonesia";} )
Ahmad Ilham Asmaryadi ( Universitas Dharmas Indonesia )
Estuhono ( Universitas Dharmas Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dikelas VI SD Negeri 07 Sitiung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Qreatif sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi tata surya di SD Negeri 07 Sitiung. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan bentuk one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 07 Sitiung sebanyak 15 siswa. Sampel diperoleh melalui teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) dengan tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dan uji hipotesis paired samples t test. Hasil dari uji paired sample t-test Menunjukkan two-sided p = 0,000 dalam hal ini berarti 0,000 < 0,05. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, p value < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Tes hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai siswa sebelum diberikan perlakuan atau Pretest dengan nilai setelah diberikan perlakuan atau Posttest. Dengan demikian, dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan aplikasi Qreatif terhadap hasil belajar siswa dikelas VI  SD Negeri 07 Sitiung.

Referensi

Ahmad Ilham Asmaryadi, Estuhono, M. A. (2024). Pengambangan media pembelajaran komik menggunakan aplikasi canva pada materi bilangan cacah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 25(1), 89–97. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i2.2277

Diyanti, S. K., Utama, C., & Winahyu, S. E. (2023). Efektivitas Model PBL Berbantuan Aplikasi Qreatif Terhadap Berpikir Kritis dan Motivasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15, 171–180. https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i2.p171-180

Estuhono, E., Mahmudi, M. R., & ... (2023). … Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Capcut Materi Kekayaan Budaya Indonesia Pada Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung …. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 319–330. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1345%0Ahttps://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/download/1345/853

Fita Endah Pratiwi, Afriatun Afriatun, & Anggun Badu Kusuma. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning Terintegrasi TaRL pada Siswa Kelas IV SD Negeri Datar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 165–174. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2443

Inafazri, S. A., Formen, A., Inafazri, S. A., & Formen, A. (2024). Pengaruh Permainan Edukasi Digital " Qreatif Edukatif " Terhadap Perkembangan Berhitung pada Anak Usia 4-5 Tahun. 5. https://doi.org/10.59188/devotion.v5i7.763

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Junisawati, estuhono, muhammad subhan. (2021). Innovative : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education Pengembangan modul IPA SD model research based learning (RBL) untuk keterampilan 4 C’s siswa kelas IV pada tema pahlawanku. Journal of Social Science Research, 1, 148–152. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2292

Prawira, M. A. N., Riastini, P. N., & Yudiana, K. (2024). Penggunaan Buku Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Keterampilan Teknologi Guru. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 350–357. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.76715

Stevanus Ocktoberrikho, & Noviyanti P. (2025). Pengembangan Platform E-Learning Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar. Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi Dan Komputer, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.30599/8dkacm46

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: alfabeta


Keywords  :  
Kata Kunci: Aplikasi Qreatif, Hasil Belajar, IPAS, Media Pembelajaran Qreatif Application, Student Learning Outcomes, Science and Social Studies (IPAS), Intructional media
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-05
Cara Mengutip  :  
Nazaria, R., Ahmad Ilham Asmaryadi, & Estuhono. (2025). Pengaruh Penerapan Aplikasi Qraetif Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Tata Surya Di Sd Negeri 07 Sitiung. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 56–62. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3403
Terbitan  :