Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas V Sdn 25 Pulau Punjung
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik akibat penggunaan metode pembelajaran konvesional yang berpusat pada pendidik serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang variatif. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video Youtube terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SDN 25 Pulau Punjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 25 Pulau Punjung dan kelas VA SDN 10 Pulau Punjung. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbantuan video Youtube dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebagai pretest dan posstest. Berdasarkan hasil Uji Hipotesis, diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000<0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video Youtube terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SDN 25 Pulau Punjung.
Referensi
Asmaryadi, A. I., & ELstuhono. (2024). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Komik Melnggunakan Aplikasi Canva Pada Matelri Bilangan Cacah. Jurnal Inovasi Pelndidikan Dan Telknologi Informasi, 25(1), 89–97.
Friska, S. Y., & Nanda, D. W. (2021). Pelnggunaan Modell Pelmbellajaran Picturel And Picturel Telrhadap Keltelrampilan Melnulis Puisi Siswa Selkolah Dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2011), 10–27.
Sri Yunimar Ningsih, & ELstuhono (2023). Pelngelmbangan EL-Modul Belrbasis Relselarch Baseld Lelrning Belrbantuan 3D Pagel Flip Pro Pada Pellajaran IPAS Untuk Melndukung... Jurnal Tunas Pelndidikan, 6(1), 168-178.https;//eljournal.ummuba.ac.id/indelx.php/pgsd/articlel/vielw/1235.
Sukron, M., Subhan, M., & Pelbriyani, D. (2024). Pelngaruh Modell Contelxtual Telaching And Lelarning (Ctl) Telrhadap Hasil Bellajar Siswa Pada Pelmbellajaran Ipas Kellas V Di Sd Nelgelri 37/Ii Pasar Lubuk Landai. Jurnal Pelnellitian Ilmu Pelndidikan, 8(1), 1–153. http : // jppipa. unram. ac.id /indelx. php/ jcar/ indelx
Widia Nanda, D., Aprimadeldi, & Isnaryati. (2023). Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Picturel and Picturel Telrhadap Hasil Bellajar Matelmatika Siswa Kellas Ii Sdn 01 Padang Lawelh. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3005–3008. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1176
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaelnuri, Z. (2021). Problelm Baseld Lelarning (PBL) Untuk Melningkatkan Kelmampuan Matelmatika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pelndidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Nanda, D. W., Salahuddin, A., & Jumaris, R. F. (2019). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Smartboard Pada Keltelrampilan Melnulis Telks Narasi Siswa Kellas V Sd Nelgelri 09 Koto Baru. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Univelrsitas Mandiri, 01(01), 219–232.
Rika, D., Hapit, P., Nurwahidin, M., & Asriliyani, EL. (2024). Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning Belrbantuan Meldia Videlo Youtubel Telrhadap Hasil Bellajar Ips Kellas V Sd Nelgelri 5 Meltro Timur. Fakultas Kelguruan Dan Ilmu Pelndidikan, Univelrsitas Lampung., 3(1), 19–27
Utami, L. P., Azizah, M., Sari, J. N., & Raondah, S. (2023). Pelnelrapan Modell Problelm Baseld Lelarning Belrbantu Meldia Youtubel untuk Melningkatkan Hasil Bellajar Matelmatika pada Matelri Bangun Datar Siswa Kellas III SDN Glonggong EL-Mail : Abstrak Pelndahuluan Kelmajuan PelndidikaSn di Indonelsia telrgantung bagaimana kita dalam. Univelrsitas PGRI Selmarang, 2668-2677.
Madel Ika Priyanti, N., & Nurhayati. (2023). Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning Belrbantuan Meldia Youtubel Untuk Melningkatkan Hasil Bellajar. Jurnal Ilmiah Matelmatika Relalistik (JI-MR, 4(1), 96–101.
ELstuhono, Mahmudi, M. R., & Ilahi, R. (2023). Pelngelmbangan Videlo Pelmbellajaran Melnggunakan Aplikasi Capcut Matelri Kelkayaan Budaya Indonelsia Pada Pelmbellajaran Ipas Untuk Melndukung Melrdelka Bellajar Siswa Kellas Iv Min 2 Dharmasraya. Jurnal Tunas Pelndidikan, 6(1), 319–330.
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Video Youtube, Keterampilan Sosial, Discovery Learning, IPAS, Hasil Belajar Problem Based Learning, Youtube Video, Learning Outcomes, Natural and Social Sciences (IPAS)
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-10-10
|
| Cara Mengutip | : |
Azidha, S. D., Dodi Widia Nanda, & Estuhono. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas V Sdn 25 Pulau Punjung. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 124–131. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3402
|
| Terbitan | : |
Bagian
Articles
|



311.png)


_SCCC1.png)
.png)
