PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 04 PULAU PUNJUNG
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan Educaplay pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 04 Pulau Punjung ini bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media berbantuan Educaplay dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi fiksi dan nonfiksi untuk siswa kelas V. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa di SDN 04 Pulau Punjung. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D dengan model ADDIE, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang dikumpulkan meliputi data kuantitatif dan kualitatif melalui uji validasi materi, media, soal, modul ajar dan bahasa, serta angket kepraktisan yang diisi oleh guru dan siswa. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil dan besar. Hasil validasi menunjukkan bahwa rata-rata validasi materi mencapai 93,2%, validasi media 93%, validasi soal 93%, validasi modul ajar 92,7% dan validasi bahasa 93%, yang semuanya termasuk dalam kategori "Sangat Valid". Kepraktisan media berbantuan Educaplay berdasarkan respon guru dan siswa mencapai 92,98%, menunjukkan kategori "Sangat Praktis". Selain itu, keefektifan media pembelajaran interaktif ini diperoleh nilai 81%, yang juga tergolong "Sangat Efektif". Dengan adanya media pembelajaran berbantuan Educaplay dapat membantu siswa dalam pembelajaran.
Referensi
Arrasyid, M. M., & Ernawati, A. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3), 382–395. https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i3.3254
Batitusta, F. O., & Hardinata, V. (2024). Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi Educaplay Berbasis Gadget terhadap Hasil Belajar Menulis Esai (Vol. 7, Issue 3). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Chen, J. (2022). Emergency remote teaching and beyond: Voices from world language teachers and researchers. In Emergency Remote Teaching and Beyond: Voices from World Language Teachers and Researchers. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-84067-9
Ernawati, A., & Andriani, T. P. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Estuhono, E., Aditya, A., & Asmara, D. N. . (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Research Based Learning Menggunakan Pageflip Application Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 159–168. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.483
Estuhono, E., Subhan, M., & Hopipah, R. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Kinemaster Application Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 437–445. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1414
Helaluddin, (2022). Penelitian dan Pengembangan: sebuah Tinjauan Teori & Praktik dalam Bidang Pendidikan.
Kharisna, F., & Amini, R. (2023). Validity of Kvisoft Flipbook Maker-Assisted PjBL-Based E-books for Elementary Schools. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1809–1817. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4205
Kharisna, F., & Amini, R. (2023). Project Based Learning Based E-book Kvisoft Flipbook Maker for Grade V Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 24-33. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60867
Nurlisa, E., Ratnawati, R., & Asmara, D. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scramble Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 117–124. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/25
Ratnawati, Yulia Darniyanti, & Neri Setiani. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 04 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5992 - 6005. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1387
Sugiyono. (2022). Motode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.36 418/jist.v4i1.564
Keywords | : |
Kata Kunci:
Bahasa Indonesia, Pengembangan, Media Pembelajaran, Educaplay, Fiksi dan Nonfiksi. Indonesian Language, Development, Learning Media, Educaplay, Fiction and Nonfiction
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-10-09
|
Cara Mengutip | : |
Septa Tri Rahmat, Feby Kharisna, & Ratnawati. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 04 PULAU PUNJUNG. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3331
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|