ANALYSIS OF VERBAL MATHEMATICAL COMMUNICATION IN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING
Abstrak
Kemampuan komunikasi matematis lisan dalam proses pembelajaran matematika sangatlah krusial, salah satu cara untuk mengukur kemampuan komunikasi lisan dengan menyajikan suatu permasalahan open ended kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa saat menyelesaikan masalah open-ended. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMP dengan tingkat kemampuan komunikasi matematis yang berbeda: rendah, sedang, dan tinggi ketika mengerjakan soal open-ended. Dari hasil penelitian, siswa dengan tingkat kemampuan komunikasi rendah belum memenuhi semua indikator secara optimal, karena pemahaman terhadap simbol dan penggunaannya masih lemah. Siswa pada tingkat sedang telah memenuhi indikator komunikasi matematis, karena notasi yang digunakan sesuai dan konsisten serta siswa dapat memberikan penjelasan yang ringkas, jelas, dan mendalam. Siswa dengan kategori tinggi memenuhi semua indikator dengan sangat baik, karena mereka mampu menggunakan simbol matematika secara lengkap dan akurat serta mampu memberikan penjelasan yang ringkas, jelas, dan reflektif. Siswa dalam kategori rendah belum sepenuhnya memenuhi semua kriteria komunikasi matematis. Sementara itu, siswa tingkat sedang memenuhi kriteria komunikasi matematis, dan siswa kategori tinggi memenuhi seluruh indikator komunikasi matematis dengan sangat baik.
Referensi
Aini, A.N. and Setianingsih, R. (2022) ‘Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence’, MATHEdunesa, 11(3), pp. 812–825. Available at: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p812-825 .
Arilaksmi, N.P.G., Susiswo and Sulandra, I.M. (2021) ‘Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Open-Ended Trigonometri’, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), pp. 46–58. Available at: https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8331 .
Ats-Tsauri, M.S. et al. (2021) ‘Modul Relasi dan Fungsi Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis’, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), pp. 109–124. Available at: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3569
Ayu, N.M. et al. (2023) ‘Komunikasi Matematis Lisan, Pemahaman Konseptual Dan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Quizizz’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), pp. 3375–3386. Available at: https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7207
Fadhillah, F.M. and Hernawati, E. (2019) ‘Analysis of Mathematical Communication Ability and Self Regulated Learning Mathematics Student’S of Class Ix Smp Negeri 2 Cilamaya Kulon’, (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 2(1), pp. 18–28. Available at: https://doi.org/10.22460/jiml.v2i1.p18-28
Febriana, N., Mairing, J.P. and Sugiharto (2024) ‘Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Fungsi Eksponensial Kelas X SMA’, Jurnal Pendidikan, 24(2), pp. 147–156. Available at: https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.10945
Hadi, H.S. et al. (2023) ‘Students’ Mathematical Communication Ability In View From The Numbered Heads Together (NHT) Cooperative Learning Model Using The Open Ended Approach’, Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), pp. 374–385. Available at: https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.282
Harahap, N. (2020) Penelitian Kualitatif, Wal ashri Publishing. Edited by H.S. M.A. Medan. Available at: http://repository.uinsu.ac.id/9105/1/Buku Metodologi Penelitian Kualitatif Dr. Nursapia Harahap%2C M.Hum.Pdf.f.
Harianja, J.K., Hernadi, S.L. and Indah, I. (2020) ‘Students’ mathematical conceptual understanding and its relation to the mathematical communication skills’, JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(1), pp. 1–12. Available at: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1207
Hartinah, S., Suherman, S. and Syazali, M. (2019) ‘Probing-Prompting Based on Ethnomathematics Learning Model : The Effect on Mathematical Communication Skills’, 7(4), pp. 799–814. Available at: https://doi.org/10.17478/jegys.574275
Hundeland, P.S., Carlsen, M. and Erfjord, I. (2020) ‘Qualities of mathematical discourses in kindergartens’, ZDM - Mathematics Education, 52(4), pp. 691–702. Available at: https://doi.org/10.1007/s11858-020-01146-w
Kurniawan, H. and Darmono, P.B. (2021) ‘Use of Open-Ended Student Worksheet to Improve Mathematics Communication Skills in Algebra’, International Journal for Innovation Education and Research, 9(5), pp. 402–416. Available at: https://doi.org/10.31686/ijier.vol9.iss5.3106.
Lubis, R.N., Meiliasari and Rahayu, W. (2023) ‘Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika’, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), pp. 23–34. Available at: https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03
Marniati, Jahring and Jumriani (2021) ‘Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), pp. 880–890. Available at: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3523
Mulyawan, M.I., Setiani, Y. and Hadi FS, C.A. (2023) ‘Efektivitas Pendekatan Open-Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), pp. 421–431. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1911
Natassya, H.D., Utami, R.E. and Kusumaningsih, W. (2023) ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Open Ended Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Materi SPLTV’, Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), pp. 47–53. Available at: https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.344
Noor, N.L. (2020) ‘Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Open Ended Problem’, ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), pp. 209–224. Available at: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8138
Prayitno, S. et al. (2021) ‘Analyzing the Ability of Mathematics Students as Prospective Mathematics Teachers on Multiple Mathematical Representation’, Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556, pp. 309–313. Available at: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.096
Putri, M.A.K. et al. (2022) ‘Bagaimana Siswa Dapat Berkomunikasi Dalam Memecahkan Masalah Matematika?’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), pp. 3105–3118. Available at: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5754
Rivai, M.A., Mardiyana and Slamet, I. (2021) ‘An Analysis of Mathematical Communication Ability on Solving Open Ended Problems in Linier Equation System with Two Variables An Analysis of Mathematical Communication Ability on Solving Open Ended Problems in Linier Equation System with Two Variables’, Journal of Physics: Conference Series PAPER, pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012015
Sandy, D.N. et al. (2022) ‘Pengembangan Flipbook Bermuatan Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis’, Jurnal Tadris Matematika, 5(2), pp. 135–148. Available at: https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.135-148
Simorangkir, R.I.S. et al. (2024) ‘Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kecerdasan InterpesonalDengan Penggunaan Pembelajaran Tutor Sebaya di SMK N 2 Medan’, Journal on Education, 6(4), pp. 19849–19858. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6021
Siregar, N., Fauzi, K.A. and Hasratuddin, H. (2020) ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa’, JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), pp. 70–77. Available at: https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6917
Sormin, R.P.A. and Ratuanik, M. (2023) ‘Analysis Of Students’ Mathematical Representation Ability In Solving Divergen Mathematics Problems In View’, Jurnal Eduscience (JES), 10(1), pp. 264–272. Available at: https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3805
Syamsyiah, Z.M., Amelia, S. and Maarif, S. (2022) ‘Kemampuan Komunikasi Matematis: Sebuah Systematic Literature Review dengan Analisis Bibliometrik Menggunakan Vos Viewers’, Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), pp. 114–128. Available at: https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16352
Keywords | : |
Kata Kunci:
kemampuan, komunikasi lisan, soal open-ended kemampuan, komunikasi lisan, soal open-ended
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-10-12
|
Cara Mengutip | : |
Susilowati, I., Yus Mochamad Cholily, Alfiani Athma Putri Rosyadi, & Akhsanul In'am. (2025). ANALYSIS OF VERBAL MATHEMATICAL COMMUNICATION IN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 225–239. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3321
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|