PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MATERI MENGENAL HAK DAN KEWAJIBAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS I SD NEGERI 20 SITIUNG

Umaiyah ( a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Universitas Dharmas Indonesia";} )
M. Anggrayni ( Universitas Dharmas Indonesia )
Wiwik Okta Susilawati ( Universitas Dharmas Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi pendidik merasa kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik  sehingga pendidik menggunakan media pembelajaran yang sederhana atau yang ada di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengembangan media pembelajaran puzzle materi Mengenal hak dan kewajiban pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas I SD Negeri 20 Sitiung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Berdasarkan hasil validasi dari segi kegrafikan diperoleh nilai 90% (sangat valid), materi 89,2% (sangat valid), bahasa memperoleh 86,6% (sangat valid), soal 89,2% (valid) dan modul ajar 88% (sangat valid). Tingkat praktikalitas pengembangan media pembelajaran puzzle oleh pendidik mencapai 91% (sangat praktis), dan tingkat kepraktisan pengembangan media puzzle oleh peserta didik mencapai 93,42% (sangat praktis). Nilai efektifitas pengembangan media pembelajaran puzzle materi Mengenal hak dan kewajiban dengan rata-rata 91,30% yang diperoleh dari hasil tes belajar oleh peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran puzzle materi Mengenal hak dan kewajiban pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas I SD Negeri 20 Sitiung pada mata pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Kata Kunci: Media Puzzle, Model 4D, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Referensi

Anggrayni, M., Agustin, E. R., & Darniyanti, Y. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Capcut Di Kelas Iii Sdn 49/Vi Sungai Hitam 1 Kabupaten Merangin. 8(4), 2503–3875. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.209

Anggrayni, M., Ratnawati, R., & Fransiska, D. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Capcut PadaMata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 169–179. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.496

Estuhono, E. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning pada Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4470–4482. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1470

Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520

M. Anggrayni, Wiwik Okta Susilawati, T. T. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis tpack pada mata pelajaran ipas kelas iv sdn o1 sitiung. Detikproperti, 13(1), 119–121. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3058

M. Anggrayni1, L. A. (2022). Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Di Kelas V SD. Cerdas Proklamator, 10(1). https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.117

Sari, E. D. W., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). Pengembangan Media Pazzle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Dasar, 9(1), 1409–1421.

Surentu, O. S., Sumilat, J. M., & Tarusu, D. T. (2023). Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pkn Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 959–963. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20614/14844

Susilawati, W. O., Khairita, M. N., & Melisa, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Elemen Pancasila Dasar Negaraku pada Peserta Didik Kelas II SDN 18 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. 4, 1308–1320.

Wiwik okta, Anggrayni, S., Hasibuan, R. I., & Putri, J. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Materi Mengenal Nilai- Nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika untuk Siswa Kelas V di SDN 03 Tiumang. 14(September), 335–339. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.667

Zumratul Husna, Amar Salahuddin, A. (2024). pengembangan media puzzle gambar pada keterampilan menulis teks narasi siswa kelas iv sdn 05 pulau punjung.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-09
Cara Mengutip  :  
Umaiyah, M. Anggrayni, & Wiwik Okta Susilawati. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MATERI MENGENAL HAK DAN KEWAJIBAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS I SD NEGERI 20 SITIUNG. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 103–112. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3209
Terbitan  :