Penerapan Model Kooperatif tipe Group Investigation menggunakan media kartu domino dalam upaya meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika di kelas IV SD Negeri 225/II Pelepat Lintas

Putri Yulianasari ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"Universitas Muhammadiyah Muara Bungo";} )
Randi Eka Putra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Sundahry ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan bahwa 10 dari 16 peserta didik kelas IV SD Negeri 225/II Pelepat Lintas yang belum mencapai KKTP dengan persentase 62,5%. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar kognitif dengan model Group Investigation menggunakan media kartu domino di kelas IV SD Negeri 225/II Pelepat Lintas. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat langkah yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 225/II Pelepat Lintas yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan penilaian lembar observasi pendidik dan peserta didik dan lembar soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation menggunakan media kartu domino dapat meningkatkan pemahaman materi peserta didik. Dibuktikan oleh hasil lembar observasi proses pendidik yang menunjukkan peningkatan pada proses pembelajaran dari siklus I kategori baik sebesar 78,5% meningkat pada siklus II kategori sangat baik sebesar 91%. Hasil penilaian proses belajar peserta didik juga ditemukan peningkatan dari hasil lembar observasi pada siklus I dengan kategori sangat kurang sebesar 46,5% meningkat pada siklus II dengan kategori baik sebesar 72%.  Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation menggunakan media kartu domino di kelas IV SD Negeri 225/II Pelepat Lintas menunjukkan peningkatan. Pada siklus I dengan persentase hasil belajar peserta didik mencapai 50% yang meningkat menjadi 75% pada siklus II.

Referensi

Abdul Jalil. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Kahianga Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01), 84–91. https://doi.org/10.62668/jimr.v1i01.212

Anton Dkk. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Barat: PRCI

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Kadek Sri Trisna Devi, dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar Ilmu. 26(2), 233-242https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079

Kurniasih, S., Pramono, D., & Hastini, W. (2022). Tentang Perkalian Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation ( Gi ) Di Kelas Ii Sdn Arjowinangun. 2(3), 224–233. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.1135

Mbewa, W., Cua, M. M., Tinggi, S., Atma, P., & Ende, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Bahasa SMAK Negeri Ende. Jurnal Pastoral dan Kateketik, 8(2). 60-73

Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88–101. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p088

N.L.G. Wiratni, I.M. Ardana, & I.P.B. Mardana. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran Ipa Dengan Topik Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 120–134. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.630

Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Sugiarto, Toto. (2020). E-learning Berbasis Schoology Tingkatan Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: CV Minc.

Sugiyamti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Sketsa Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Melalui Metode Kartesius Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomika 02(01), 175–186. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.195

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Pengertian pendidikan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Model Kooperatif Group Investigation, Kartu Domino, Proses Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Matematika. Group Investigation Cooperative Model, Domino Cards, Learning Process, Cognitive Learning Outcomes, Mathematics.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-14
Cara Mengutip  :  
Yulianasari, P., Eka Putra, R., & Sundahry. (2025). Penerapan Model Kooperatif tipe Group Investigation menggunakan media kartu domino dalam upaya meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika di kelas IV SD Negeri 225/II Pelepat Lintas. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 251–261. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3158
Terbitan  :