Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas V SD N 081/VIII Wanareja
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya proses belajar IPAS, sehingga berdampak pada hasil belajar IPAS siswa di kelas V SD N 081/VIII Wanareja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD N 081/VIII Wanareja.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD N 081/VIII Wanareja yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan soal tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini proses belajar siswa pada siklus I yaitu 68,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,9%, sedangkan proses belajar yang di amati oleh wali kelas V yaitu pada siklus I 83,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,7%. Hasil belajar siswa yang mencapai KKTP pada siklus I 54,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,8%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model discovery learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD N 081/VIII Wanareja.
Referensi
Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468–480. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1998.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439–446. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749
Desi, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Dwi Poetra, R. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II Tinjauan Pustaka 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Fauzi, A. R., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Sosial Melalui Discovery. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079
Izzati, D. W. F., Setyowati, D., & Fatmawati, R. A. (2024). Deskripsi Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka Kelas IV di SD Negeri 01 Anjongan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5, 5618–5626. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i5.1832
Megawati, M. (2018). Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21–30. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/62
Megawati, M., & Sari, R. N. (2022). Improvement Of Science Learning Process And Outcomes Using Quantum Learning Model In Elementary School. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 369–377. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.981
Nababan, D., Bakara, A., & Sihite, C. E. H. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 766–773. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.1301
Nurdiana, A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas X IPA. Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 8–13.
Putri, I., & Zuryanty, Z. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SDN 20 Gumarang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2793–2801. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1185
Safiuddin. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tema 1 Indahnya Kebersamaan Dengan Menerapkan Pengelolaan Kelas. JEC (Jurnal Edukasi Cendikia), 4(1), 10–23.
Sekarsari, F. D. F. P., Wicaksono, A. G., & Sarafuddin. (2023). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 213–225. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.648.
Sisianti, D., Septiani, Iriani, Y., & Senik, K. (2022). Teacher’s Perception, Character Formation of Grade Students: Case Study at Primary School in City of Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 257–268. ttps://doi.org/10.55927/jiph.v1i3.2097
Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning guna Menciptakan Kemandirian dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA, 21(2), 94–100. https://doi.org/10.21009/bahtera.211.07
Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).
Widari, N. A. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/yr8mp. (Hal 7,8). https://doi.org/10.31219/osf.io/yr8mp
Yusuf, D. A. (2016). Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X Pemberdayaan Komite Sekolah : Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X. 1(2), 125–134.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Discovery Learning Model, Learning Process, Learning Outcomes, IPAS Discovery Learning Model, Learning Process, Learning Outcomes, IPAS
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-10-11
|
Cara Mengutip | : |
Amelia, A., Megawati, & Opi Andriani. (2025). Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas V SD N 081/VIII Wanareja. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 150–161. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3134
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|