UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS 2 SD NO 112/VI RANTAU KERMAS KECAMATAN JANGKAT
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri No. 112/VI Rantau Kermas, Kecamatan Jangkat, dengan menerapkan metode global. Metode global digunakan karena memberikan pendekatan pembelajaran yang dimulai dari pengenalan kalimat secara keseluruhan sebelum siswa mempelajari kata dan huruf secara terpisah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas SD NO 112/VI Rantau Kermas Kecamatan Jangkat Tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa 15 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas pendidik, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan tes hasil belajar di akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca permulaan siswa dari Siklus I ke Siklus II. Pada Siklus I, rata-rata ketuntasan belajar siswa mencapai 60,87%, sementara pada Siklus II meningkat menjadi 82,61%. Selain itu, hasil observasi menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa serta kinerja pendidik dalam melaksanakan pembelajaran dengan metode global. Persentase siswa yang masuk dalam kategori "Sangat Baik" meningkat dari 26,09% pada Siklus I menjadi 52,17% pada Siklus II, dengan tidak ada siswa yang berada dalam kategori "Kurang" pada akhir penelitian.
Referensi
Adams, M. J. (1990). Beginning to read: Thinking and learning about print. MIT Press.
Aikens, N. L., & Barbarin, O. (2008). Socioeconomic differences in reading trajectories: The contribution of family, neighborhood, and school contexts. Journal of Educational Psychology, 100(2), 235-251. https://doi.org/10.1037/0022-0663.100.2.235
Anderson, R. C., Hiebert, E. H., Scott, J. A., & Wilkinson, I. A. G. (1985). Becoming a nation of readers: The report of the Commission on Reading. National Institute of Education.
Bruner, J. (1990). Acts of meaning. Harvard University Press.
Chall, J. S. (1967). Learning to read: The great debate. McGraw-Hill.
Cunningham, A. E., & Stanovich, K. E. (1998). What reading does for the mind. American Educator, 22(1-2), 8-15.
Danielson, C. (2007). Enhancing professional practice: A framework for teaching (2nd ed.). ASCD.
Darling-Hammond, L. (2006). Powerful teacher education: Lessons from exemplary programs. Jossey-Bass.
Darling-Hammond, L. (2010). The flat world and education: How America's commitment to equity will determine our future. Teachers College Press. https://doi.org/10.1177/003172171009100403
Dewata, I. (2022). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode global pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 45-56.
Dieni, N. K. (2015). Penerapan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-10.
Ehri, L. C. (1998). Grapheme-phoneme knowledge is essential for learning to read words in English. In J. L. Metsala & L. C. Ehri (Eds.), Word recognition in beginning literacy (pp. 3-40). Erlbaum.
Gambrell, L. B. (1996). Creating classroom cultures that foster reading motivation. The Reading Teacher, 50(1), 14-25.
Goodman, K. S. (1967). Reading: A psycholinguistic guessing game. Journal of the Reading Specialist, 6(4), 126-135. https://doi.org/10.1080/19388076709556976
Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.
Joyce, B., & Weil, M. (2009). Models of teaching (8th ed.). Pearson Education.
Jumriani. (2024). Efektivitas metode global dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas II SD Negeri 6 Watampone. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 12-25.
Keller, J. M. (1987). Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2-10. https://doi.org/10.1007/BF02905780
Kyriakides, L., Creemers, B. P. M., & Antoniou, P. (2009). Teacher behaviour and student outcomes: Suggestions for research on teacher training and professional development. Teaching and Teacher Education, 25(1), 12-23. https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.06.001
Lyon, G. R., Shaywitz, S. E., & Shaywitz, B. A. (2003). A definition of dyslexia. Annals of Dyslexia, 53(1), 1-14. https://doi.org/10.1007/s11881-003-0001-9
Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139164603
Morrow, L. M. (2001). Literacy development in the early years: Helping children read and write (4th ed.). Allyn & Bacon. https://doi.org/10.4324/9781410605214-18
Muammar. (2020). Metode global sebagai strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 216-225.
National Reading Panel. (2000). Teaching children to read: An evidence-based assessment of the scientific research literature on reading and its implications for reading instruction. National Institute of Child Health and Human Development.
Pressley, M. (2002). Reading instruction that works: The case for balanced teaching (2nd ed.). Guilford Press.
Rahmatina, A. (2020). Implementasi metode global dalam pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 18-29.
Rahayu, C. (2023). Pengembangan keterampilan membaca permulaan melalui metode global di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 35-46.
Rahayu, C., Amanda, N., & Aulia, F. (2024). Penerapan metode global dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas awal. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 7(1), 1-15.
Rasinski, T. V. (2003). The fluent reader: Oral reading strategies for building word recognition, fluency, and comprehension. Scholastic.
Rayner, K., Foorman, B. R., Perfetti, C. A., Pesetsky, D., & Seidenberg, M. S. (2001). How psychological science informs the teaching of reading. Psychological Science in the Public Interest, 2(2), 31-74. https://doi.org/10.1111/1529-1006.00004
Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Allyn & Bacon.
Smith, F. (1994). Understanding reading: A psycholinguistic analysis of reading and learning to read (5th ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
Snow, C. E., Burns, M. S., & Griffin, P. (Eds.). (1998). Preventing reading difficulties in young children. National Academy Press.
Sudijono, A. (2017). Pengantar statistik pendidikan (Edisi 1). PT Raja Grafindo Persada.
Sundahry, S., Tambunan, B., & Putri, D. (2019). Implementasi metode global dalam pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524-532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35
Syah, M. (2016). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). ASCD.
Villegas-Reimers, E. (2003). Teacher professional development: An international review of the literature. UNESCO International Institute for Educational Planning.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Beginning reading skills, global methods, learning activities Begining reading skills, global methods, learning activities
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-02-19
|
Cara Mengutip | : |
Arnita, S., Aulia Susanti, Randi Eka Putra, & Yahfenel Evi Fussalam. (2025). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS 2 SD NO 112/VI RANTAU KERMAS KECAMATAN JANGKAT. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 293–306. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2813
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|