ARTIKEL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMPTK IMANUEL TUAPAKAS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMPTK Tuapakas Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning; dan (2) Proses Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMPTK Imanuel Tuapakas. Penelitian berlokasi di SMPTK Imanuel Tuapakas Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara informan yakni guru dan siswa dan observasi kegiatan di kelas. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Nilai Pra tes siswa Kelas VII SMPTK rendah yakni ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 68,37%; (2) hasil penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS dilakukan melalui dua siklus dengan hasil masing-masing siklus adalah pada siklus I, setelah dilakukan post test terdapat 12 orang atau 44,44% siswa kelas VII langsung memenuhi KKM yakni memperoleh nilai minimal 80, sedangkan 15 orang atau 55,55 tidakmemenuhi KKM. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 77,62%. Sedangkan pada siklus II, setelah dilakukan post tes dari 27 orang siswa yang mengikuti tes terdapat 23 orang atau 82,03% siswa langsung memenuhi KKM, dan 4 orang atau 14,81 tidak memenuhi.
Referensi
Ariansyah. (2017). Profil Pemahaman
Konsep Dan Pemecahan Masalah Bilangan Real Ditijau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X Al-Bayan Makassar. Tesis Tidak Dipublikasikan.Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Daryanto. (2014). Pendekatan
Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Esya Fitria Sani dkk. (2024).
Systematic Literature Review: Problematika Pembelajaran IPS Pada Abad 21. Jurnal Sandoro: Cendekia Pendidikan, Vol. 3,No. 10.
Fatahullah, M. M. (2016). Pengaruh
Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar.
Hasibuan, Malayu S. P. (2019).
Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.
.
Kurniawan, dkk. (2023). Pendidikan
Anak Usia Dini. Padang: PT. Global Eksekutif teknologi.
Niyarci, Diana dan Setiawan Deni
(2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogik: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan. Volume 2, Nomor 1.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan
Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu. 5(5): halaman 4334-4339.
Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022).
Improvement of Student’s Critical Thinking Ability sin Physics Materials Through The Application of ProblemBased Learning. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 534–545. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i5.247
Simbolon, M., Manullang, M., Suya, E.,
& ... (2017). The Efforts to Improving the Critical Thinking Student’s Ability Through Problem Solving Learning Strategy by Using Macromedia Flash at SMP Negeri 5 Padang. International Journal of Novel Research in Education and Learning, July.
Uri Sinta Parende dan Widi S. Pane.
(2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) Tema 8 pada Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara. Sistema: Jurnal Pendidikan, Vol. 01, No. 1.
Utaminingtyas, dkk. (2021). Pengaruh
Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 69- 76.
Widodo Arif dkk. (2020). Pendidikan
IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Metode PBL, Kemampuan Berpikir Kritis dan Pembelajaran IPS PBL method, critical thinking skills and social studies learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-02-19
|
Cara Mengutip | : |
Kollo, M. K., & Nubatonis, K. (2025). ARTIKEL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMPTK IMANUEL TUAPAKAS. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 281–292. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2794
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|