Peningkatan Kreativitas Melalui Pembuatan Karya Cetak dari Bentuk Sekitar Menggunakan Media Flipbook Berbasis Projek Siswa Sekolah Dasar

Galih Miftakhul Khoir ( a:1:{s:5:"en_US";s:23:"Universitas Muria Kudus";} )
Ika Ari Pratiwi ( Universitas Muria Kudus )
Sekar Dwi Ardianti ( Universitas Muria Kudus )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kreativitas Melalui Pembuatan Karya Cetak Dari Bentuk Sekitar Menggunakan Media Flipbook Berbasi Projek Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif Pre-Experimental dengan Desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD 5 Cendono pada siswa kelas II pada Tahun Ajaran 2024/2025 di Semester I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar unjuk kerja yang dilakukan dengan cara peneliti mengikuti proses penelitian dengan berbaur langsung dengan objek peneliti untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Analisis data yang penulis gunakan pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diawali dengan uji normalitas, hipotesis, uji T dan Uji N-Gain dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data uji normalitas dan uji hipotesis pada uji Paired Sample T-Test pada nilai pre-test dan posttest kreativitas pembuatan karya cetak dari bentuk sekitar menggunakan media flipbook berbasis projek pada siswa menunjukkan rata-rata perbedaan skor pada pre-test kreativitas sebesar 72.0625 dan posttest kreativitas sebesar 84.0625. Hal itu sudah menunjukkan terdapat perbedaan dan dibuktikan dengan hasil uji paired samples test yaitu 0,000 < 0,05 dinyatakan signifikan dan terdapat peningkatan nilai rata-rata pada variabel kreativitas siswa kelas 2 dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,4211 dan berada pada kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas melalui pembuatan karya cetak dari bentuk sekitar menggunakan media flipbook berbasis projek siswa Sekolah Dasar. 

 

Referensi

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Ardianti et al. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreatvitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol. 7 (2), Hal. 146-150.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi project based learning (pjbl) berpendekatan science edutainment terhadap kreativitas peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Asrial, H., Ernawati, D. W., Syahri, W., & Sanova, A. (2019). E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook: Science Process Skills And Student Attitudes. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(12), 1073–1079. Https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2555.

Awalia, L.M., Pratiwi, I.A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, Vol 5 (5), Hal. 3940 – 3949. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1354

Djamarah, et al.(2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan pikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 155-163. Diambil kembali dari ISSN Online: 2356-2056. https://doi.org/10.26638/je.460.2064

Firdaus, H. M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Indonesian Jurnal of Biologi Education, Vol.1 No.1, 21-28. Diambil kembali dari http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi.

Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook Di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911– 918. Https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.452

Handayani, Peny Husna, dkk. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, Vol 5 (2). https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774

Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lasmiyatun & Saptaningrum, E. (2012). Implementasi Macromedia Flash Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 3(1), Hal. 9-16. https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i1/april.380

Layyina, et al.(2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Kelas V SDN Peterongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,8(1), 3370-3378. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608

Mohammad, A., & Asrori, M. (2006).Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratiwi, A.P., Ardianti, S.D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksika Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependudukan, Vol. 8 (2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Pristiwanti et al. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol (6), Hal. 7911- 7915.

Putri et al. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, Vol.6(1), Hal. 2548-8546. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608

Putri, Y.S., Pratiwi, I.A & ismaya, E.A. (2020). Peran Pola Asuh dalam Pembentukan Minat Belajar Anak di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.377

Sari, N. M., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2020). Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Permainan Pletokan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 219-224. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.376

Setiani, Fani. (2016). Mengembangkan Soft Skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, Vol 1(1), Hal. 170-176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3272

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung : Alfabet.

Sulistyorini et al. (2006). Warna-warni kecerdasan anak dan pendampingnya. Jakarta: Kanisius.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia TK. Jakarta: Depdiknas.

Suryaningtyas, et al. (2018). Penggunaan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Materi Teknik Cetak Timbul Kelas Ii Sdn Lawanganagung Sugio Lamongan. JPGSD. Vol. 06(02), Hal. 167-176.

Suryaningtyas, et al. (2018). Penggunaan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Materi Teknik Cetak Timbul Kelas Ii Sdn Lawanganagung Sugio Lamongan. JPGSD. Vol. 06(02), Hal. 167-176.

Susanti, E., Ardianti, S. D., & Santoso, D. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran Creative problem solving. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2416-2425. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.987

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Trianggono, Mochammad Maulana. 2017. “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika, Vol. 3(1): 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874


Keywords  :  
Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, Kreativitas, Seni Budaya, Bapentaeh, Kata kunci: Aplikasi; Media pembelajaran; Augmented reality. Creativity, Printed Works, Flipbook Media, Projects
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-02-19
Cara Mengutip  :  
Miftakhul Khoir, G., Pratiwi, I. A., & Ardianti, S. D. (2025). Peningkatan Kreativitas Melalui Pembuatan Karya Cetak dari Bentuk Sekitar Menggunakan Media Flipbook Berbasis Projek Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 307–322. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2765
Terbitan  :