Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Untuk Meningkatkan Minat Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar

Siti Filzatul Haziyah Siti Filzatul Haziyah ( Universitas Negeri Semarang )
Nursiwi Nughraheni Nursiwi Nughraheni ( Universitas Negeri Semarang )

Abstrak

Pendidikan berfungsi sebagai alat penting untuk mentransfer pengetahuan lintas generasi dan mendorong pembangunan nasional. Di Indonesia, membaca memainkan peran penting dalam proses pendidikan ini; namun, laporan terkini menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar hanya menunjukkan tingkat literasi sedang, yang sebagian besar disebabkan oleh minat baca yang rendah. Studi ini menyelidiki dampak penggunaan Canva, platform desain daring interaktif, untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa kelas dua di SDN Ngesrep 03. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama dua minggu. Temuan menunjukkan bahwa integrasi Canva ke dalam proses pembelajaran tidak hanya membuat pelajaran lebih menarik tetapi juga secara signifikan meningkatkan motivasi siswa untuk membaca. Dengan mengubah metode pengajaran tradisional yang sering monoton menjadi pengalaman yang dinamis dan merangsang secara visual, pendekatan ini secara efektif merangsang imajinasi siswa dan menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang materi bacaan. Hasilnya menunjukkan bahwa memanfaatkan media pendidikan modern seperti Canva dapat menjadi solusi yang layak untuk meningkatkan literasi membaca dan keterlibatan siswa di Indonesia, yang pada akhirnya berkontribusi pada hasil pembelajaran yang lebih baik.

Referensi

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Project-Based Learning dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Eni Desfitri, Risa Yulisna, & Fadhillah. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi Membaca Bagi Siswa SD di Kampung Sungai Salak Pesisir Selatan. INTEGRATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.60041/integratif.v1i1.16

Feny Rita Fiantika, Mohammad Wasil, Sri Jumiyanti, Leli Honesti, sri Wahyuni, Erland Mow, Jonata, Imam Mashudi, Nur Hasanah, Anita Maharani, Kusmayra Ambarwati, Resty Noflidaputri, Nuryami, L. W. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), Rake Sarasin (Cetakan 1, Issue March). PT Global Eksekutif Teknologi.

Karyati, Z. (2021). Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Jurnal Educatio, 7(3), 1135–1142. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1370

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2023. Merdeka Belajar, 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login

Marlina, L., Caska, & Mahdum. (2017). Hubungan Minat Baca Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 9(1), 33–47.

Megantara, K., & Abdul Wachid BS. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Oktaviona Hajar, Suharmono Kasiyun, Rudi Umar Susanto, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01), 6404–6413. http://jonedu.org/index.php/joe

Pandas, D. (2022). PISA Score By Country. https://www.datapandas.org/ranking/pisa-scores-by-country

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rahmatunisa, W. (2017). Literasi Media Melalui Kajian Linguistik Fungsional di Indonesia. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 1–9. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.726

Ridwan Barus. (2023). Meningkatkan Minat Baca Menggunakan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Scrapbook Berbasis Canva Materi Orang Beriman Menghargai Martabat Manusia PAKBP Kelas IX SMP Mardi Waluya Cibinong. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 4(2), 1171–1188. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i2.1360

Sahir, S. H. (Universitas M. A. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); Cetakan 1). KBM Indonesia.

Sari, A. (2018). Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Mojosari. 6(3), 362–366.

Sugiyono, P. D. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya (J. H Hamzah (ed.)). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=8o5_tQEACAAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yuni, R., Yuniati, I., & Asmara, A. (2024). Penggunaan Canva sebagai Bahan Ajar Materi Surat Lamaran Kerja untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII di SMKS 3 Idhata Curup. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4342–4348. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1505


Keywords  :  
Kata Kunci: Canva, Pembelajaran Interaktif, Minat Baca, Peningkatan Kemampuan Literasi Canva, Literacy Improvement, Reading Interest, Interactive Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-09
Cara Mengutip  :  
Siti Filzatul Haziyah, S. F. H., & Nursiwi Nughraheni, N. N. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Untuk Meningkatkan Minat Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 362–372. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2447
Terbitan  :