ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MEMADUKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF JELAJAH LINGKUNGAN

Siti Hajarun Nadhifah Nadhifah ( a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Negeri Semarang";} )
Nursiwi Nugraheni ( Universitas Negeri Semarang )

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi kosakata, dengan memadukan pembelajaran interaktif melalui jelajah lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, serta menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan kontekstual. Dengan  interaksi langsung di lingkungan sekitar, diharapkan siswa dapat lebih mudah mengaitkan kosakata baru dengan cara yang menyenangkan. Penerapan pembelajaran ini dilakukan di SDN Ngesrep 03 Semarang dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sebanyak 10% siswa yang mendapat nilai rentang 90-100, 37% siswa yang mendapat nilai direntang 80-89, kemudian siswa yang mendapat nilai di rentang 70-79 dan 60-69 memiliki persentase  nilai yang sama yaitu masing-masing 26%. siswa memiliki rata-rata 74, median 65 , modus 80, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60. Siswa yang tidak memenuhi KKM terdapat 5 anak.

Kata Kunci: Hasil Belajar, PBL, Kosakata

 

Referensi

Ariyani Wahyu, O. (n.d.). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 5(3), 1150.

Koerunisa’ Ulfiana. (2024). Analisis Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 4(3), 196. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i3.3237

Nisa, K., Nursyahidah, F., Saputra, H. J., & Junaidi, A. (2023). Modell Problelm Baseld Lelarning pada Muatan Pellajaran Bahasa Indonelsia di Selkolah Dasar. ELducatio FKIP UNMA, 9(2), 948–955. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4831

Prastiwi, EL., & Halidjah, S. (2024). Penerapan Modell Pbl Belrbantuan Meldia Pembellajaran Interaktif Wordwall dalam Upaya Melningkatkan Motivasi Bellajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 278–288. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2758

Qorimah, EL. N., & Sutama, S. (2022). Studi Litelratur: Meldia Augmelnteld Relality (AR) telrhadap Hasil Bellajar Kognitif. Basiceldu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348

ahayu, A. S. A., Nahriyah, S., & Jamaludin, G. M. (2022). Pengaruh Penerapan Metodel Karyawisata terhadap Peningkatan Kemampuan Sains di RA Az- Zahra. RI’AYATULATHFAL. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 1–8.

Sari Kumala. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1425


Keywords  :  
Kata Kunci: Hasil Belajar, PBL, Kosakata Learning Outcomes, PBL, Vocabulary
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-27
Cara Mengutip  :  
Nadhifah, S. H. N., & Nursiwi Nugraheni. (2025). ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MEMADUKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF JELAJAH LINGKUNGAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 439–445. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2441
Terbitan  :