PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PROFESI (UTP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN KINGKING 2 TUBAN
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau R&D (research and development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate. Subjek coba dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kingking 2 Tuban. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen data diperoleh dari lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa dan lembar tes. Hasil penelitian terkait kevalidan media UTP dinyatakan valid dan memperoleh persentase dari ahli media 89,4%, ahli materi 100%. Hasil angket respon guru dinyatakan praktis dengan perolehan persentase 93,33%. Tes hasil belajar memperoleh persentase 89,28% dengan kriteria efektif. Berdasarkan data yang diperoleh maka media pembelajaran UTP ( ular tangga profesi) dinyatakan valid, praktis dan dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Aulia, W., & Mintohari. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. JPGSD, 11(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8640
Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL ADDIE PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SMA KURIKULUM 2013. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5298
Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi Penelitian. In CV Pena Persada.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pebrianti, D. (2022). Pengembangan Media Bilik Rumah Pintar Berbasis Ctl (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Tema 1 Siswa Kelas 3 SD Aisyiyah 2 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram 2022. https://doi.org/10.24114/jfi.v3i1.35074
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1(2), 213–214.
Pratiwi, R., Agustina, W., & Rahmadani, W. R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA BILIK PANCASILA MATERI NILAI- NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS II DI UPT SDN 2 BANDUNGBARU. Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(6), 601–605.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Bug Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Pristiwanti, D., Badariah, B., Sholeh, H., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Keywords | : |
Kata Kunci:
Media development, snakes and ladders media, learning outcomes Pengembangan media, Media ular tangga, Hasil belajar
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-01
|
Cara Mengutip | : |
Fatimah, I. D., & WIRATAMA, nOVIALITA A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PROFESI (UTP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN KINGKING 2 TUBAN: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN . Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 95–101. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.2394
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|