PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 GOMO TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstrak
ABSTRAK
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu teknologi yang harus dikembangkan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan cara mengamati, bertanya, mendengar, meminta dan mengambil data penelitian dengan menggunakan handphone sebagai alat untuk merekam semua pembicaraan, hasil gambar sebagai bukti nyata, dan buku catatan yang berfungsi untuk mencatat percakapan dengan sumber data atau informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: pertama, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah SMP N 1 Gomo yaitu, dengan cara mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam kurikulum sekolah. Hal ini di lakukan oleh guru dan siswa agar memudahkan proses pembelajaran lebih efktif dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai alat untuk mendukung pembelajaran di berbagai mata pelajaran. Kedua, Pentingnya (TIK) didalam pembelajaran sangatlah berpengaruh, dengan adanya (TIK) disekolah guru dan siswa bisa dengan cepat berinteraksi dalam proses belajar mengajar. Kemudian disana juga pemanfaatan teknologi informasi sebagai sumber belajar siswa tercermin pada pemanfaatan untuk sumber belajar di rumah dan pemanfaatan dalam proses pembelajaran. Ketiga, Upaya dalam mengatasi kendala-kendala pemanfaatan (TIK) ini disekolah ialah.
Kata kunci: Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Pendidikan Kewarganegaraan
Referensi
Haag and Keen, 1996. Information Technology: Tomorrow's Advantage Today, Mcgraw-Hill College.
Hadisi La, Munawa. 2015. Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakaan model inovasi pembelajaran E-learning: Jurnal Al-Ta’dib 8.
Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. Cetakan ke-2. Malang: UMM Press.
Hardani. et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Hepp K., Hinostroza, E., Laval, E., & Rehbein, L. 2004. Technology in Schools: Education, ICT and the Knowledge Society. 24 Februari 2006.
Hidayah, Nurul. 2020. Dampak Sistem Pembelajaran Daring terhadap Kegiatan Belajar Mengajar pada Masa Pandemi COVID-19 di SDN 3 Sriminosari”. Jurnal As-Salam I, Vol. IX No. 2.
Husain, C. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan,
Imania, An-nisa, Kuntum, dkk. 2019. Rancangan Pengembangan Instrumen Penelitian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik,5(1). https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Imanullah, D. F., & Sobari, A. 2019. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi dalam Pembelajaran SKI Kelas VIII SMP Islam Plus Daarul Jannah. E-Jurnal Mitra Pendidikan, (796-806.)
Implementasi KBBI. Online/https://kbbi.web.id/implementasi.html. diakses 05 April 2023.
Martin, 1999. Managing Information Technology: What Managers Need to Know, Prentice-Hall, Inc.
Miarso, Yusuf Hadi. (2004), Menyemai Benih Teknologi Penddikan, Jakarta:Kencana.
Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi
Murni, Sylviana. (2008). Pemanfaatan ICT Dalam Pendidikan. Jakarta: Makalah Seminar Nasional The Power Of ICT in Education, PPS UNJ, 15 April 2008.
Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian; Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Prenada Media Group.
Nugraha, Fahmi, Mohammad, dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolahh Dasar. Jawa Barat: Edu Publisher.
Nugroho, M. A. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 30-60. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.30-60
Patria, Lintang & Kristianus Yulianto. (2010). Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri.
Pemanfaatan_Medai_Berbasis_Ict_Terhadap_Pembelajaran_Di_Sekolah. http://ictcommunity.multiply.com/journal/item/17/ (Jumat, 14 April 2023 : 17.14)
Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008. Tentang Guru.
Purnomo, Wahyu. (2008). Pembelajaran Berbasis ICT. Disampaikan pada “Workshop Pembelajaran Berbasis ICT” di Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan, 11-14 Agustus 2008 Artikel dan Sidiq Umar & Choiri M,M. (2019). Metode Pnelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV.Nata Karya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta: ALFABETA.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang “Sistem Pendidikan Nasional”.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Bhinneka tunggal ika, kurikulum merdeka, pendidikan, pelaksanaan P5 : Information and Communication Technology, Citizenship Education
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-02-19
|
Cara Mengutip | : |
Lase, E. . setiawan, Adrianus Bawamenewi, Amstrong Harefa, & Berkat Persada Lase. (2025). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 GOMO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2). Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2374
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|