DEVELOPMENT OF ANIMATED VIDEO LEARNING MEDIA ASSISTED BY CANVA APPLICATION IN IPAS SUBJECTS ON ENERGY AND ITS CHANGES IN GRADE V ELEMENTARY SCHOOL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbantuan aplikasi Canva pada mata pelajaran IPAS materi energi dan perubahannya di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang berminat dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbantuan aplikasi Canva memiliki tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas yang tinggi dalam pembelajaran IPAS. Media ini juga dapat menarik perhatian siswa, memudahkan mereka dalam memahami materi, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbantuan aplikasi Canva efektif digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar.
Referensi
Andrasari, N. A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.
Azqiyya, M. R., Badruzzaman, N., & Zen M. F., D. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Canva pada Mata Pelajaran IPA Materi Bentuk Tubuh Hewan dan Fungsinya. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 103–108. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.1078
Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809
Faridah Hayati, T. U. (2020). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 8–15.
Friska, S. Y., Amanda, M. T., Novitasari, A., & Prananda, G. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 250–255. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.250-255
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kristiari, S. P., & Cahyadi, F. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran IPA Materi Perubahan Cuaca Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Berbasis Canva Pendidikan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 78–84. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8102
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian , 1–7.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index. php/edisi
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu. v5i6.1717
Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Riono, & Fauzi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pai-Bp Di Sd Berbasis Canva. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 117–127.
Simarmata, J., & Limbong, T. (2020). Penerapan Animasi dan Sinematografi dalam Film Animasi Stopmotion “ Jendral Soedirman .” Jurnal Multinetics, 6(1), 21–68.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi. org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245. https://doi. org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Keywords | : |
Kata Kunci:
Video, Animasi , IPAS, Model ADDIE Animation, Science And Learning, video, ADDIE Model, Canva, audio-visual media, learning outcomes, science subjects
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-06
|
Cara Mengutip | : |
Novita, W., Ana Novitasari, & Novita, W. (2024). DEVELOPMENT OF ANIMATED VIDEO LEARNING MEDIA ASSISTED BY CANVA APPLICATION IN IPAS SUBJECTS ON ENERGY AND ITS CHANGES IN GRADE V ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 191–200. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.2315
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|