Pengembangan Video Animasi Berbasis Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas III MIN 2 Dharmasraya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi berbasis canva pada pembelajaran ipas kelas iii min 2 dharmasraya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan menggunakan 4D yang dikembangkan oleh S. Thigharajan, Doroty Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Tahap pengembangan ini yaitu: Define, Design, Develop, Dissememinate. Jenis data yang diambil pada penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diambil dari hasil validasi bahan ajar. Pengembangan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen validitas, praktikalitas dan efektifitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawamcara, kusioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data validitas, praktikalitas dan efektifitas. Berdasarkan hasil validasi media video yang dinilai validator yang berjumlah 3 orang, menunjukan bahwa media video memperoleh rata-rata persentase 82,76% dengan kategori sangat valid, sehingga dapat dikatakan media video ini layak untuk digunakan oleh peserta didik. Praktikalitas media video yang dinilai dari angket respon pendidik dan peserta didik terhadap media video pembelajaran yang berjumlah 1 orang pendidik dan peserta didik kelas III MIN 2 Dharmasraya yaitu yang memproleh persentase 95,5% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas media video pembelajaran yang dinilai dari hasil nilai ulangan yang diberikan kepada peserta didik berupa soal objektif yang berjumlah 20 soal memperoleh persentase 93,1% dengan kategori sangat efektif sehingga dapat dikatakan dengan efektif digunakannya media video pembelajaran ini mampu meningkatkan nilai hasil belajar peserta didik.
Referensi
Agastya, D. N. K., & Sujana, I. W. (2023). Learning Video Media in Natural and Social Science Subjects for Fourth-Grade Elementary School. Jurnal Edutech Undiksha, 11(1), 20-30. https://doi.org/10.23887/jeu.v11i1.54601
Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka pasca pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863-5873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar Kabupaten Garut. Jurnal basicedu, 6(4), 5877-5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Deliviana, E. (2017). Aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran: manfaat dan problematikanya.
Estuhono, E., Mahmudi, M. R., & Ilahi, R. (2023). Pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi capcut materi kekayaan budaya indonesia pada pembelajaran ipas untuk mendukung merdeka belajar siswa kelas iv min 2 dharmasraya. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 319-330. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1414
Estuhono, E., Subhan, M., & Hopipah, R. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KINEMASTER APPLICATION MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 437-445.
Fitria, N. (2020). PENGEMBANGAN POP UP BOOK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IBNU QOYYIM PEKANBARU. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.
Fisabilillah, F. F. N., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1271-1282 https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562
Fitri, A., & Amelia, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Gunung Sahari Utara 01 Pagi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 945-956. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1199
Mairina, V., & Amini, R. (2021). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kuantum di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 784-788. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.766
Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan assembler edu untuk meningkatkan keterampilan guru merancang project-based learning sesuai kurikulum merdeka belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77-80.
Rahmawati, T., Yuliana, R., & Setiawan, S. (2022). Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Untuk Melatih Kemampuan Literasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1351-1359.
Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954-960.
Sudaryanto, S. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Perspektif Filsafat Pendidikan Bahasa). Lateralisasi, 8(2), 92-99. https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v8i2.1210
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widiantara, G. K. A., Aldi, M. S., Ayunita, N. L. M., Wiguna, A. A. G. S., Wisniari, P. T., Utama, I. P. W. M., ... & Mardana, I. B. P. (2022). Revitalisasi Kawasan Galian C Melalui Budi Daya Tani Ternak Perikanan Multikultur Berbasis IoT Guna Menyangga Wisata Geopark Di Desa Songan A Kintamani-Bali. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Iptek, 3(2), 133-142.
Wahyuningsih, A., Faradita, M. N., & Setiawan, F. (2022). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SD MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA Pendahuluan. VI(1). https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a4903
Wastriami, W., & Mudinillah, A. (2022). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 25 Tambangan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna
Keywords | : |
Kata Kunci:
Video, Animasi, Canva, IPAS Animation Video, Canva, IPAS
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-28
|
Cara Mengutip | : |
Estuhono, E., Ahmad Ilham Asmaryadi Ma, & Muhammad Karles. (2025). Pengembangan Video Animasi Berbasis Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas III MIN 2 Dharmasraya. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 453–461. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2312
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|