PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dalam pembelajaran IPAS Bab 5 Cerita Tentang Daerahku Topik A: Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu pada kelas IV UPT SDN 2 Bajingjowo Sarang Rembang Semester II tahun ajaran 2023/2024. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran, data aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Data observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase keberhasilan sebesar 54,376%, data observasi aktivitas siswa pada siklus II diperoleh persentase keberhasilan sebesar 73,953%, dan data observasi siswa pada siklus III diperoleh persentase keberhasilan sebesar 92,083%. Data hasil belajar pra siklus diperoleh persentase ketuntasan sebesar 6,7% siswa yang tuntas 1 anak dan 14 siswa yang belum tuntas dengan rata-rata 40,6. Hasil belajar tersebut masih berada di bawah tingkat kriteria ketuntasan minimal. Maka, untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti melakukan penelitian menggunakan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Hasil belajar yang didapat pada pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan diperoleh persentase ketuntasan sebesar 34% dengan rata-rata 52,6 terdapat 5 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang belum tuntas. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan diperoleh persentase ketuntasa sebesar 54% dengan rata-rata 67,3 terdapat 8 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang belum tuntas. Selanjutnya pada siklus III mengalami peningkatan diperoleh persentase ketuntasan sebesar 100% dengan rata-rata 84,6 terdapat 15 siswa yang tuntas dari jumlah siswa kelas IV UPT SDN 2 Bajingjowo keseluruhan 15 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 2 Bajingjowo.
Referensi
Annafi, F. S. ., & Kurniawati, W. (2017). Meningkatkan Higher Order Thinking Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal PGSD Indonesia, 3(3), 1–11.
Kadir Abdul. (2015). MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR Abdul Kadir. Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97
Listiana, A., Rachmawati, Y., Adriana, N. P., & Tritita, T. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di TK Dari Perspektif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2711–2717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1969
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.
Nomor, V., September, B., Halaman, T., & Makassar, K. (2018). Selecta education. 1(2), 111–125.
Pembelajaran, J. P. D. J., Pengajaran, D. A. N., Dasar, P., Apriany, W., & Muktadir, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL ) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308
Permata Puspita Hapsari, G., & Zulherman. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43
Rahmiga, S. (2019). Kurangnya Sarana Dan Prasarana Belajar Di Sekolah. Teknologi Pendidikan, 4(2), 1–8.
Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Yume: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas iii sd negeri sidorejo lor 01 salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 186–196. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16091
Wendri Wiratsiwi. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Pohon Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV SDI Al Hadad Singgahan Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 109–124.
Wijayanti, F. | D. C. | S. H. | M. | S. S. | J. M. | L. R. L. | H. K. R. | W. N. Y. | M. M. | T. | A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata (Issue Mi).
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu PengetahuYuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816an Sosial pa. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-01
|
Cara Mengutip | : |
ROCHMAH, C., & Seftia Rakhma Widiyanti, I. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 55–64. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.2307
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|