PENGARUH MEDIA DOMATH (DOMINO MATHEMATIC) PADA MATERI PECAHANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 14 KOTO BARU
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi dilapangan seperti keterbatasan media pembelajaran disekolah,dan siswa tidak memperhatikan guru saat menjelaskan maka terjadilah kurangnya minat dan akan menimbulkan rendahnya hasil belajar belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik yang pasif saat diberikan pertanyaan oleh guru yang akan berdampak pada tuprunnya hasil belajar peserta didik, asik dengan dirinya sendiri serta mengobrol dengan teman semejanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh dari media Domath (Domino mathematic) pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 14 Koto Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini digunakan bentuk one group pretest-postest design desain ini menggunakan satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa, dimana dari ratarata pre-test 59,736 meningkat menjadi 77,368 pada hasil post-test. Selain itu, terdapat perubahan jumlah siswa yang tuntas dan tidak tuntas. Siswa yang tuntas pada pre-test sebanyak 8 orang siswa dan meningkat pada posttest menjadi 16 orang dari 19 siswa. Hasil ini di ikuti dengan perolehan nilai post-test yang sangat baik, dimana nilai tertinggi mencapai angka 90 dan nilai terendah yaitu 55. Hasil belajar tersebut menunjukkan adanya perbedaan antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media Domath. Selisih rata-rata kelas sesudah dan sebelum perlakuan mencapai -17.632 angka, dimana hasil post-test lebih tinggi dengan perolehan rata-rata kela 77,368 dan pre-test 59,736. Perbedaan hasil belajar tersebut dapat dikatakan signifikan, hal ini didukung dengan hasil analisis uji hipotesis paired sampel 1- test. Adapun hasil analisis yang diperoleh dalam paired sampel t-test dengan taraf signifikansi 95% (a =0,05) yaitu two sided p 0,001. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, p value < 0,05 dalam hal ini 0,001 < 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap penerapan media domath terhadap hasil belajar matematika materi pecahan senilai di kelas IV SDN 14 Koto Baru Dharmasraya.
Referensi
Dr, S. (2017). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.
Estuhono, E., Aditya, A., & Asmara, D. N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Research Based Learning Menggunakan Pageflip Application Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 159–168. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.483
Faridahtul Jannah, Thooriq Irtifaq’ Fathuddin, P. F. A. Z. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36
Filahanasari, E., Fitriyani, N. H., & Putri, S. R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SDN 03 Tiumang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 133. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.118119
Filahanasari, E., Nopa Sari, L., & Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kosa Kata Di Kelas Iii Sdn 308 Rantau Suli. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2525–2529. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.992
Muhammad Subhan, Suci Rahma Putri, & Elvi Maryanis. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Intraktif Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Di Kelas Iv. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1092–1098. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1577
Nasution, S. W. (2021). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Subhan, M., Mahmuda, A., & Filahanasari, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn 09 Sitiung. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 25. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3046
Keywords | : |
Kata Kunci:
Keywords: Domath Media (Domino Mathematic), Fractions, Math, Learning Outcomes Media Domath (Domino Mathematic), Pecahan, Matematika, Hasil Belajar
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-30
|
Cara Mengutip | : |
Nurul Yaqin, F. S. D., Eka Filahanasari, & Muhammad Subhan. (2025). PENGARUH MEDIA DOMATH (DOMINO MATHEMATIC) PADA MATERI PECAHANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 14 KOTO BARU. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 462–474. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2296
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|