The IMPLEMENTASI MODEL CPS DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI

THE IMPLEMENTATION OF THE CPS MODEL USING THE MIND MAPPING METHOD TO IMPROVE THE PROBLEM SOLVING ABILITY AND LEARNING OUTCOMES OF ACCOUNTING STUDENTS

Marshanda Cristina Sari Malau ( a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Universitas Negeri Medan";} )
Choms Gary Ganda Tua Sibarani ( Universitas Negeri Medan )
Sondang Aida Silalahi ( Universitas Negeri Medan )
Rini Herliani ( Universitas Negeri Medan )

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penerapan model Creative Problem Solving berbantuan metode mind mapping dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi pajak dengan materi PPh Badan Terutang. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terbagi ke dalam empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa XI AKL 2 SMK Negeri 1 Pematangsiantar dengan jumlah siswa 33 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Persentase nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 60,60% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,75%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar 48,4% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka disimpulkan bahwa model Creative Problem Solving berbantuan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa.

Referensi

Afifah, S. N. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII.1 dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Palembang. FKIP UNSRI.

Aini, R. A. F. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok PPh Final Dan Tidak Final Di Kelas XII Akuntansi 8 SMKN 1 Surabaya. 07.

Al Mallak, M. A., Tan, L. M., & Laswad, F. (2020). Generic skills in accounting education in Saudi Arabia: Students’ perceptions. Asian Review of Accounting, 28(3), 395–421. https://doi.org/10.1108/ARA-02-2019-0044

Altino, D. S. M., & Hermawan, S. (2021). The Effect of Application of Teacher Centered Learning, Cooperative Learning and E-Learning Methods on Students’ Understanding of Accounting Learning. Academia Open, 3. https://doi.org/10.21070/acopen.3.2020.1184

Arikunto. (2017). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ariska, P. (2016). Kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP. FKIP Unsri.

Badrulaini. (2018). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. 2(4), 847–846.

Bahrudin, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Creatif Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Layanan Jaringan Materi Ragam Aplikasi Komunikasi Data. Journal of Education Action Research, 4(4), 536. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28924

Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 89. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2535

Erita. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII SMK Nusatama Padang. 6(1), 72–86. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i1.7434

Firdaus, F. M., Lubis, M. A., Razak, A., & Azizan, N. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Di SD/MI (I). Samudera Biru (Anggota IKAPI).

Hayati, T. N., & Khotimah, R. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing.

Lestari, R., & Hia, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send A Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII. 2(6) https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.483.

Md, M. R. (2019). 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 64–74. https://doi.org/10.34256/ajir1917

Prihastuti Dkk, A. H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(2), 215. https://doi.org/10.24014/ekl.v2i2.8632

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318

Sumaryati, S.-, Muhtar, M.-, & Sururi, R. Y. (2022). Optimization Of Problem-Solving Skills Through The Application Of Creative Problem-Solving Models Assisted By Accounting Cards. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 11(1), 78. https://doi.org/10.25273/jap.v11i1.7213

Sururi, R. Y., Muhtar, & Sumaryati, S. (2020). Penerapan Creative Problem Solving Berbantuan Kartu Kerja Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Simpanan Giro Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 6(3), 111–122.

Udiyah, I. N. M., & Pujiastutik, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. 14. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.12123

Ulufah, A. N. (2021). Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Mind Mapping Sebagai Media Pembelajaran Tematik di SDIT Darussalam Gontor. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02). https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.2962

Wulandari, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Model Pembelajaran Scaffolding Berbantuan Mind Map Pada Siswa Kelas XI AKL. 3(2), 77–94.

Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86


Keywords  :  
Kata Kunci: creative problem solving; mind mapping; problem solving abilities; learning outcomes.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-01
Cara Mengutip  :  
Malau, M. C. S., Gary Ganda Tua Sibarani, C., Aida Silalahi, S., & Herliani, R. (2024). The IMPLEMENTASI MODEL CPS DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI: THE IMPLEMENTATION OF THE CPS MODEL USING THE MIND MAPPING METHOD TO IMPROVE THE PROBLEM SOLVING ABILITY AND LEARNING OUTCOMES OF ACCOUNTING STUDENTS. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 44–54. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.2294
Terbitan  :