Pengembangan Kuis Menggunakan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 01 Padang Laweh Pada Mata Pelajaran IPAS

Auliya Nur Safitri ( Universitas Dharmas Indonesia )
Ahmad Ilham Asmaryadi ( Universitas Dharmas Indonesia )
Muhammad Subhan ( Universitas Dharmas Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis menggunakan wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 01 Padang Laweh pada mata pelajaran IPAS. Kuis ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan Research and Development (R&D). Model pengembangan Kuis ini menggunakan model ADDIE ( Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Dari model ADDIE dilakukan analisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, kemudian Uji Validator ahli, Praktikalitas peserta didik serta pendidik dan efektivitas yang dilihat dari lembar motivasi peserta didik. Hasil pengembangan Kuis menggunakan wordwall untuk meningkatkan motivasi siswa kelas IV SDN 01 Padang Laweh pada mata pelajaran IPAS dinyatakan sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator diperoleh nilai dengan rata-rata 86,27% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas dengan rata-rata 92,85% sangat praktis. Untuk efektivitas dengan mengisi angket motivasi memperoleh nilai rata-rata 85,47% dikategorikan sangat efektivitas. Dapat disimpulkan bahwa kuis yang dibuat sudah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pendidik dalam pembelajaran.

Referensi

Aziz, A., & Munif Shaleh. (2019). Variasi Metode Pembelajaran Dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Edupedia, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.529

Djamarah, S., & Zain, A. (2014). Strategi belajar mengajar. 04(01), 58–85. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676#

Dwi Rochmada, E. (2022). Pengembangan Game Edukasi Wordwall Dalam Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar. Pgsd, 10(06), 1355–1364.

Estuhono, dkk. (2024). Game Interaktif Wordwall Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Mendukung Merdeka Belajar Siswa SD. Vol 9 https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1415

Fransisca, M. (2017) Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E- Learning jurnal Ilmiah pendidikan Elektro, 2(1), 17-22 https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091

Hendro Setyo Wahyudi, M. P. S. (2014). Artikel Teknologi dan Kehidupan Masyarakat Hendro Setyo Wahyudi, Mita Puspita Sukmasari 1. Jurnal Analisa Sosiologi, 3 (1), 12. https://media.neliti.com/media /publications/227634-teknologi-dan-kehidupan-masyarakat-7686df94.pdf

Maskar & Dewi, (2020). Praktikalitas dan Efektivitas bahan ajar. Jurnal Pendidikan.

Muharam, A., Nursyahbani, A., Firdaus, D. N., Farhanah, R., & Mustikaati, W. (2023). Jenis Model Dan Metode Pembelajaran Yang Digunakan Pada Tematik 4 Di Kelas 3 Sd Plus 3 Al-Muhajirin. Jurnal Sinektik, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8211

Riduwan, (2017). Belajar Mudah Penelitian. Bandung. Alfabeta


Keywords  :  
Kata Kunci: Quiz, Development, Wordwall Kuis, Pengembangan, Wordwall
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-09
Cara Mengutip  :  
Safitri, A. N., Ahmad Ilham Asmaryadi, & Muhammad Subhan. (2025). Pengembangan Kuis Menggunakan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 01 Padang Laweh Pada Mata Pelajaran IPAS . Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2291
Terbitan  :