Pengembangan Video Tari Kreasi Nusantara Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Seni di TK Pandu Ilmi Persada

Estuhono Estuhono ( Universitas Dharmas Indonesia )
Ana Novitasari ( Universitas Dharmas Indonesia )
Tirta Kencana Prima ( Universitas Dharmas Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pengembangan seni tari kreasi pada anak usia dini dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.selain itu, menari diperlukan untuk mewadahi gerakan-gerakan fisik yang menyenangkan bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan tari kreasi nusantara anak usia dini pada pembelajaran seni di TK Pandu Ilmi Persada.

Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap prototipe (prototyping phase) dan tahap penilaian (assesment phase). Untuk mengetahui penelitian tari kreasi nusantara dikembangkan, dilakukan penilaian menggunakan lembar validasi, praktikalitas dan efektivitas.

Hasil penilaian tari kreasi nusantara anak usia dini yang dilakukan oleh satu orang ahli mempunyai skor 90% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian keterlaksanaan tari kreasi nusantara anak usia dini pada pembelajaran seni yang dinilai oleh guru kelas mempunyai skor 100% dengan katogori sangat praktis.hasil penerapan tari kreasi nusantara pada siswa didapatkan persentase 88,57% dengan kategori sangat efektif.

 

Referensi

Estuhono, E. (2022). Research-Based Learning Models in Physics for 21st Century Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1803–1814. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1268

Jayanti, Y. D. (2023). Tari Kreasi Nusantara dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Budi Asih VII Kab. Majalengka. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 133. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46206

Mulyani, Novi. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Jogyakarta: Penerbit Gava Media.

Novitasari, A., Saputra, A., & Putri, M. A. (2023). Pengembangan Gerakan Tari Tradisional Tempurung Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Pada Pembelajaran Seni di TK 02 Tiumang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 2–7.

Rahmat sinaga, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 7(1), 79–88. https://doi.org/10.24114/kjb.v7i1.10113

Saputri, L. H., Cahyono, A., & Lestari, W. (2020). Pembelajaran Mencipta Tari Kreasi Dengan Metode Saposasi Di SMA Negeri 1 Bergas. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 769–775. dhiajenk.ayu@gmail.com

Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10791


Keywords  :  
Kata Kunci: Pengembangan, Tari Kreasi, Nusantara, Plomp Development, Indonesian, Creative Dance, Plomp
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-09
Cara Mengutip  :  
Estuhono, E., Ana Novitasari, & Tirta Kencana Prima. (2025). Pengembangan Video Tari Kreasi Nusantara Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Seni di TK Pandu Ilmi Persada. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2). Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2283
Terbitan  :