THE INFLUENCE OF THE WORDWALL-BASED TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MODEL ON LEARNING OUTCOMES IN BUILDING MATERIAL CLASSROOM V SD

Tri Noviana ( Universitas PGRI Palembang )
Ramanata Disurya ( Universitas PGRI Palembang )
Farizal Imansyah ( Universitas PGRI Palembang )

Abstrak

Penelitian ini adalah pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) dengan berbasis wordwall terhadap hasil belajar materi bangun ruang kelas V SD, dengan harapan dapat menambah pemahaman tentang pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran TGT yang didukung oleh media wordwall. Rumusan masalah adalah Apakah ada pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbasis wordwall terhadap hasil belajar materi bangun ruang kelas V SD. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbasis wordwall terhadap hasil belajar materi bangun ruang kelas V SD Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental Design, yaitu posttest only control design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V.A dan kelas V.C dengan total 62 peserta didik. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa nilai ????ℎ???????????????????? sebesar 5,849, melebihi nilai ???????????????????????? sebesar 1,670, dengan tingkat signifikansi < 0,05 (0,000-0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Teams Games Tournament (TGT) berbasis Wordwall layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh yang signifikan.

Referensi

Apriliana, Anggi, Tatat Hartati, Sunendar, & Dadang. (2024). Pengaruh Picture Word Inductive Model berbantuan Classpoint dan Wordwall terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2431–2448. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8916

Asa, S., Yasinta, Sukidin, & Tiara. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament(TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Education Research and Developmen, VOL. 8 NO., 63–74. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0001-7806-0757

Budiastuti, Pramudita, Soenarto, Sunaryo, Muchlas, Muchlas, & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776

Ermawati, D., Nihayati, N. F., Marlin, C. M., Aleansyah, F., & Noviyanti, P. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 1 Gribig. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), Volume 8,(1), 93–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/th.v8i1.4928

Fauziyah, Endah, N., Hikmah, Anugraheni, & Indri. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459

Hartanto, Hartanto, Mediatati, & Nani. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928

Hidayatullah, A., Arafah, F., Puji, A., Ula, A., Prayogo, M. S., Kiai, U., Achmad, H., Jember, S., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Wordwall Terhadap Keaktifan Siswa Pembelajaran IPA Kelas IV SD AL-Baitul Amien. Vol 5, No, 164. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/jcm.v5i2.7476

Indah, Ainurrohmah, Wiryanto, Yuli, T., & Siswono, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantu Media Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Proposal, 4–6. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i2.1725

Isnaina, Z., Reizal, M., Muhaimin, Abstrak, W. S., & Kemajuan. (2022). Peranan Media Audio Visual Pada Keaktifan Bertanya Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD. 09(1), 38–50. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i1.6628

Kristina Pane, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Melalui Metode Demonstrasi Di Sd Negeri 173425 Simanullang Toba. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 38–44. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.323

Leni, Marlina, Sholehund, & Rahmat. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2VOL 2 NO(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582

Mugiyatmi. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. 8(2). https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24631

Mustika, Dea, Ambiyar, Ambiyar, & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819

Nisa, Izzatun, Pasiningsih, & Ihsan. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Team Games Tournament. 6(2), 61–74. https://ejournal.stainupwr.ac.id https://doi.org/10.52484/al_athfal.v6i2.546

Nuri Ria, Sri, Wahyuni, Handican, & Rhomiy. (2023). Systematic Literature Riview: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Teams Games Tournament. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 23–35. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.267

Putri, N., Adinda, Rezania, & Vanda. (2023). Analisis Perbandingan Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tulangan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 179–187. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4031

Rahmawati, Estiana, Yulianti, Muryaningsih, & Sri. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) pada Materi Luas di Kelas IV SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. 06(04), 18915–18926. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5744

Santosa, D. S. S. (President U. (2019). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Teamgames Tournament (Tgt) Dalam Pembelajaran. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699. https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1939

Sari, M., Rachman, Habibur, Astuti, Juli, N., Afgani, M. W., & Abdullah, R. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. 3(1), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Turnip, Philia, S., Sihombing, Novianti, L., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Kelas V SD Negeri Percontohan Pematang Siantar. Journal on Education, Volume 06,(01), 2879–2890. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3331


Keywords  :  
Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Media Wordwall, Hasil Belajar Peserta Didik Teams Games Tournament (TGT) Model, Wordwall Media, Student Learning Outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-30
Cara Mengutip  :  
Noviana, T., Disurya, R., & Imansyah, F. (2025). THE INFLUENCE OF THE WORDWALL-BASED TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MODEL ON LEARNING OUTCOMES IN BUILDING MATERIAL CLASSROOM V SD. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 485–498. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2183
Terbitan  :