THE INFLUENCE OF APPLICATION OF KOPIN MEDIA (SMART BOX) ON LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE LEARNING CLASS V SDN 34 PALEMBANG
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media KOPIN (Kotak Pintar) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 34 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu penerapan media KOPIN (Kotak Pintar) dan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri 34 Palembang yang berjumlah 60 siswa, sampel yang diambil yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa yang diajarkan menggunakan media KOPIN (Kotak Pintar) dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvesional. Dalam pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hitung menunjukkan nilai thitung > ttabel 5,203 > 1,672 dengan derajat kebebasan 58 (df 58). Dapat disimpulkan signifikan dimana H0 di tolak sedangkan Ha di terima hal ini disebabkan dengan menyatakan terdapat pengaruh penerapan media KOPIN (Kotak Pintar) terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 34 Palembang”.
Referensi
Agustin, Dwi, M., Setiawan, Angga, Maruf, & Farid, M. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berganda Sebagai Supporting Daya Ingat Menghafal Huruf Alfabet Siswa Kelas I SD Negeri 2 Sengon. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–19. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.173
Chrisma, Elvira, Fitnanto, Aprila, Dewi, & Ratna, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis TaRL pada Pembelajaran IPA Kelas VIII. 442–451. https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/view/3170
Febriana, Indah, Nurcholish, Ismanto, & Bambang. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Berdasarkan Model Pbl Berbasis Kopin Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2421–2431. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1854
Fitriana, D. (2023). Analisis Belajar Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Gaya Belajar pada Model Project Based Learning Berbantuan Kartu Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 5(1), 585–596.
Haifa, H. N. S., Khaleda Nurmeta, I., & Hamdani Maula, L. (2023). Analisis Karakter Kerjasama Ekstrakurikuler Angklung Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2877–2889. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8106
Jima, M., Julita, Fitriah, Yuliana, & Solo, D. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Secara Visual, Auditori Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA. 4(2), 111–122. https://doi.org/10.36312/teacher.v4i2.1952
Lestari, A., Fitrisia, A., & Ofianto. (2022). Metodologi Ilmu Pengetahuan Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Bentuk Implementasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 2556–2560.
Maulidiana, Firli, Wardana, A., Ludfi, Jannah, & Faridahtul. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1664–1675. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APengembangan
Melanda, Dinda, Surahman, Ade, Yulianti, & Tien. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Kelas IV Berbasis Web ( Studi Kasus : SDN 02 Sumberejo ). 4(1), 28–33. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.76019
Meliana, Shinta, Salimi, M., & Suhartono, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda Akibat Kalor. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.76019
Mustikah, S., Oktavia, M., Ayu, P., & Rachmawati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Card Macth Circle pada IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 6359–6367. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9141
Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/425/293
Pitri, Pitri, Seprina, & Reka. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mindmap Berbasis Sejarah Lokal Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas Xii Di Sma Negeri 11 Muaro Jambi. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 111–123. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24260
Puspita, Tita, Sari, Mega, Sunaryati, & Titin. (2024). Pengembangan Media “ PARANTAR ” Papan Putaran Pintar Untuk Meningkatkan Pengetahuan Hak Dan Kewajiban Pembelajaran Ppkn Kelas 3 SD. 6(April), 592–606. https://journalpedia.com/1/index.php/jpi%0AVolume
Putri, H., Sari, A., Purnomo, H., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Penggunaan Media Puzzle Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Tingkat 1 Sekolah Dasar. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Tahun, 06(01), 14–22. http://ejournal.undar.or.id/index.php/thalaba
Putri, Hanafiah, R., Kumalasani, Putri, M., & Restian, A. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Kopunka (Kotak Pintar Menyusun Kalimat) Mengatasi Permasalahan Menyusun Kalimat Siswa Kelas II DI SD Muhammadiyah 05 Batu. 09, 6335–6344. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15420
Rosarina, G., Sudin, A., Atep, & Sujana. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/230%0Ahttps://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/download/230/152
Sareng, Dua, M., Puang, E., Maria, D., Bunga, & Dua, M. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(3), 303–309.
Sari, E. P., Fantiro, F. A., Wahyu, I., & Utami, P. (2024). Pengembangan Media Smart Box Berbasis Permainan Monopoli Dalam Kalimat Transitif Dan Kalimat Intransitif Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. 09, 3525–3538. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/issue/archive
Satriya, Agung, Wijaya, Salimi, M., & Suhartono. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VB SDN Peniron. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.76623
Yuliana, Eka, Destiniar, & Sunedi. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa SDN 81 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.655
Zakiyyah, Dwi, Suswandari, Meidawati, Khayati, & Nur. (2023). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 152–157. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.309
Keywords | : |
Kata Kunci:
Media KOPIN (Kotak Pintar), Hasil Belajar, Pembelajaran IPA KOPIN (Smart Box) Media, Learning Outcomes, Science Learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-04-05
|
Cara Mengutip | : |
Sahara, A. R. S., Misdalina, M., & Puspita Sari Jaya, M. (2025). THE INFLUENCE OF APPLICATION OF KOPIN MEDIA (SMART BOX) ON LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE LEARNING CLASS V SDN 34 PALEMBANG. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 499–511. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2182
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|