PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis canva terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN 55/ I Sridadi Tahun Pelajaran 2023/2024 pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 55/I Sridadi tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi dan angket (kuesioner). Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara mengisi lembar observasi, dan memberikan lembar kuesioner berbentuk pernyataan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis canva di kelas eksperimen SDN 55/I Sridadi berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Dilihat dari rata-rata nilai observasi akhir setelah pemberian perlakuan adalah 38,57 artinya lebih dari rata-rata nilai observasi awal sebelum pemberian perlakuan yakni sebesar 30,81 dibandingkan dengan kelas kontrol observasi awal mendapati rata-rata 33,24 dan sedikit meningkat pada observasi akhir yakni dengan rata-rata 33,95 dengan penerapan model konvensional yang tidak menggunakan treatment tertentu. Diperoleh hasil analisis nilai signifikansi dari tabel Coeficient sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y.
Referensi
Amelia, R. R., & Nugraheni, B. I. (2021). Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Dan Keaktifan Siswa Di Kelas Ditinjau Dari Keikutsertaan Siswa Dalam Program Bimbingan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 14(2), 1–10. https://doi.org/10.24071/jpea.v14i2.4621
Amin, dkk. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556
Hadiah Tullah, Nanda, I Ketut Widiada, and Muhammad Tahir. 2022. “Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2c): 821–26. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.587
Indah Mafazatin Nailiah, dan Erwin Rahayu Saputra. 2022. “Pengembangan Media Ict Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd.” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) 6(1): 8–15. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.976
Kurnia & Titin. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 15–56. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Maula, S. (2022). Desain Didaktis pada Materi Pecahan dan Pengaruh terhadap Kemampuan Problem Solving. 14.
Perdana, Fani J. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. Vol 7(2):70-87.http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5342
Restu Kurnia, Ira, dan Titin Sunaryati. 2023. “Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(3): 1357–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Saputra, N. &. (2022). Pengembangan Media Ict Berbasis Video Animasi. 6(1), 8–15. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.976
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428
Solfiah, Yeni, Hukmi Hukmi, and Febrialismanto Febrialismanto. 2021. “Games Edukatif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3): 2146–58. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910
Sugiarto, M. A. (2019). Efektifitas Penggunaan Media LCD dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.569
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2013th ed.). ALFABETA, CV.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Video Animasi, Canva Learning Motivation, Learning Media, Animation Video, Canva
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-04-05
|
Cara Mengutip | : |
Ria, R. P. S., Muhammad Sofwan, & Desy Rosmalinda. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 534–544. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2026
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|