ANALISIS BENTUK PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VB SDN 34/I TERATAI

inayah lia ( universitas jambi )
Regita Eka Puspitasari ( Universitas Jambi )
Rima Dwi Anggraini ( Universitas Jambi )
Siti Su’adah ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk permasalah pembelajaran IPA kelas VB SDN 34/I Teratai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu wali kelas VB SDN 34/I Teratai dan Siswa kelas VB SDN 34/I Teratai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Prosedur penelitian dilakukan dalam melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap penyelesaian dan pembuatan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dikelas VB SDN 34/I Teratai terdapat beberapa permasalahan pembelajaran. Melalui penelitian ini diharapkan pembelajaran dapat dievaluasi dan semakin diperbaiki kedepannya agar dalam pembelajaran siswa dapat memahami apa yang di ajarkan dengan baik

Referensi

Abdul Majid. 2018. Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdullah Sani, Ridwan. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331

Alfiah, S., Istiyati, S., & Mulyono, H. (2021). Analisis penyebab rendahnya motivasi belajar dalam pembelajaran ips peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 1–5. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i5.49328

Amiruddin, A., Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1596

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Depok :PT Rajafindo Persada

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71–77. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Makmun Khairani, 2017.Psikologi Belajar.Yogyakarta: PT Aswaja Pressindo.

Mastur & Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra

Puspitaningsih, Irma Tri. 2014. “Hubungan Rasa Percaya Diri Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Aktualisasi Diri Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Baureno-Bojonegoro”. Jurnal BK UNESA. Volume 04 Nomor 01 Tahun 2014, 22 – 27.

Sanjaya, H., Suryani, I., PGRI Palembang Jl Lorong Gotong, U., Seberang Ulu, K. I., Palembang, K., & Selatan, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sunggutan. Journal on Education, 05(03), 7674–7682.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari. (2014). Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ipa Kecamatan Muara Bulian. Ilmiah Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 18(2), 1–16. https://doi.org/10.29210/112200

Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan Matematika, 01, 73–84.

Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Suryani, N. Setiawan A. Putria A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.

Syafitri, Selviana. 2014. “Pengaruh Harga Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Aktualisasi Diri Pada Komunitas Modern Dance Di Samarinda”. Jurnal Psikologi, Volume 2, Nomor 2, 2014 : 290 – 301. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3647

Wakhidah, N., Erman, E., Widyaningrum, A., & Aini, V. N. (2021). Reflection Online Learning During Pandemic and New Normal: Barriers, Readiness, Solutions, and Teacher Innovation. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 464. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31093

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Warsah. I., Daheri. M. (2021). Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168


Keywords  :  
Kata Kunci: Analisis, Permasalahan, Pembelajaran IPA Analysis, Problems, Science Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-06
Cara Mengutip  :  
lia, inayah, Eka Puspitasari, R., Rima Dwi Anggraini, & Siti Su’adah. (2024). ANALISIS BENTUK PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VB SDN 34/I TERATAI. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 184–190. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1987
Terbitan  :