ANALISIS PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 182/I HUTAN LINDUNG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalah pembelajaran IPAS kelas IV SDN 182/I Hutan Lindung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu wali kelas IV SDN 182/I Hutan Lindung dan Siswa kelas IV SDN 182/I Hutan Lindung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Prosedur penelitian dilakukan dalam melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap penyelesaian dan pembuatan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dikelas IV SD Negeri 182/I Hutan Lindung terdapat beberapa permasalahan pembelajaran. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur bagi pendidik agar dapat memperbaiki pembelajaran kedepannya, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan lebih baik
Referensi
Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Coperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 76-87. https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.596
Rukin. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmad Cendekia Indonesia.
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. WACANA: Jurnal Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/download/143/88
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Analisis, permasalahan pembelajaran, pembelajaran ipas Analysis, learning problems, science learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-04-05
|
Cara Mengutip | : |
Firdia Tri Agustin, Halimatus Sa'diah, Nabila Salsabila, & Abraar Dzulqadri. (2025). ANALISIS PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 182/I HUTAN LINDUNG. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 545–555. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.1986
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|