ANALISIS PERMASALAHAN RENDAHNYA KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 198/I PASAR BARU

Gisella Amelia Putri ( universitas jambi )
Febrian ( Universitas Jambi )
Irfan Maulana ( Universitas Jambi )
Kurnia Nurmadani ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalah rendahnya keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 198/I Pasar Baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu wali kelas V SD Negeri 198/I Pasar Baru dan Siswa V SD Negeri 198/I Pasar Baru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Prosedur penelitian dilakukan dalam melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap penyelesaian dan pembuatan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dikelas V SD Negeri 198/I Pasar Baru terdapat beberapa permasalahan pembelajaran, seperti : Rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, rendahnya keaktifan belajar peserta didik, serta rendahnya minat membaca peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur bagi pendidik agar dapat memperbaiki pembelajaran kedepannya, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan lebih baik.

Referensi

Marzuki, A. D., & Prayunisa, F. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Pada Jenjang SD Dan SMP Dalam Memahami Pembelajaran IPA. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 946–951.

https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4369

Arianto, R. (2022). Permasalahan Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ), 2(3), 550–554. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i3.741

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022

Alma Pratiwi Husain. (2019). Analisis Strategi Pembelajaran Ipa Dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Kelas Iv Sd. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 125–150. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.158

Prabawa, A., Ilfiana, A. N., & Maryani, I. (2022). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPA di Kelas VI SD Negeri Bangunrejo 2. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 875–882.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Tjiptiany, Endang Novyta, dkk. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa Sma Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 10 Bulan Oktober Tahun 2016 Halaman: 1938-1942.

Setiyadi., Wahyu, M., Ismail., & Hamsu. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia.


Keywords  :  
Kata Kunci: Accounting Learning Achievement, Manage Receivable Cards Problem Based Learning Analisis, Permasalahan, Rendahnya Keakifan, Pembelajaran IPAS
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-04-05
Cara Mengutip  :  
Gisella Amelia Putri, Febrian, Irfan Maulana, & Kurnia Nurmadani. (2025). ANALISIS PERMASALAHAN RENDAHNYA KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 198/I PASAR BARU. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 556–562. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.1984
Terbitan  :