PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

aprizan - ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Mulza Rois ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
Futri Nurjanah ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS) merupakan mata pelajaran yang sangat penting diajarkan di SD, untuk menyiapkan dan membina peserta didik menjadi warga negara yang baik. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif STAD pada kelas V SDN No. 109/II Manggis Kecamatan Bathin III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan,pengamaatan dan refleksi. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran IPS di kelas kelas V  A SDN 109/II Manggis kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo.


Keywords  :  
Kata Kunci: Social studies learning, cooperative learning model type Student Teams Achievement Divisions (STAD) Social studies learning, cooperative learning model type Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-05
Cara Mengutip  :  
-, aprizan, Rois, M., & Nurjanah, F. (2019). PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.194
Terbitan  :