PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS

Trisna Rukhmana ( )
Al Ikhlas ( STKIP MUHAMMADIYAH SUNGAI PENUH )

Abstrak

Penelitian  ini  adalah  penelitian  pengembangan  (Research  and  Development)  yangbertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada  materi Teorema Phytagoras  yang  valid,  praktis  dan  efektif  bagi  siswa  Sekolah  Menegah Pertama. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan   atau Model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar dan praktisi serta telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik bersifat valid, praktis, dan efektif. Dikatakan efektif karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, Buku Siswa dan LKS seluruhnya memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori "Sangat Valid", dikatakan  praktis karena  perangkat pembelajaran ini  memiliki derajat  keterlaksanaan dengan kategori terlaksana seluruhnya dan nilai reliabilitasnya kategori “reliabel” dan dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning package , Scientific method, Teorema Phytagoras material
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-05
Cara Mengutip  :  
Rukhmana, T., & Ikhlas, A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.191
Terbitan  :