PENGARUH MENGGUNAKAN MODEL POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 BANGKO TAHUN AKADEMIK 2018/2019

a eki Kurniawan ( )

Abstrak

Menulis adalah kegiatan proses pikiran manusia yang akan mengungkapkan isi jiwanya kepada orang lain atau kepada diri mereka sendiri secara tertulis. Menulis adalah representasi bahasa dalam media kontekstual melalui penggunaan seperangkat tanda atau simbol. Tujuan utama dalam menulis adalah komunikasi. Komunikasi dalam bentuk tulisan adalah siswa harus mengetahui aturan bahasa ketika mereka menulis. Menulis dalam bahasa Inggris memiliki banyak aturan termasuk tata bahasa, pengejaan dan tanda baca. tidak mendapatkan nilai yang baik. Berdasarkan wawancara peneliti dengan guru bahasa Inggris di SMPN 1 Bangko, guru mengatakan menulis adalah salah satu kompetensi dasar yang wajib harus diajarkan kepada siswa dari seluruh kemempuan bahasa inggris, terutama ditekankan dalam menulis teks naratif. Dalam silabus pembelajaran bahasa Inggris di semester kedua di kelas delapan mandapatkan bahwa siswa mampu: mengekspresikan makna dan langkah-langkah retorika dalam esai pendek sederhana menggunakan berbagai bahasa tertulis secara akurat, dan lancar untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar menceritakan kembali dan bentuk narasi. Namun pada kenyataannya, kemampuan menulis siswa di SMPN 1 Bangko kurang, itu menyebabkan sangat sulit bagi siswa untuk menulis dalam bahasa Inggris ketika guru memberikan tugas. Dalam masalah lain, siswa tidak dapat mengembangkan pengetahuan mereka ketika guru memberikan latihan dan sulit untuk mengembangkan ide-ide mereka dalam menulis esai.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian Eksperimental, Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dimana kelas dua A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 80 siswa dari tiga kelas Sampel yang dipilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol VIII B. Kedua kelas digunakan untuk membandingkan hasil keterampilan menulis. Untuk mengambil sampel dari tiga kelas, peneliti menggunakan Pra-tes sebelum melakukan percobaan, dua dari tiga kelas yang memiliki nilai rata-rata terdekat telah diambil, setelah melakukan pra-tes ada dua kelas yang memiliki rata-rata terdekat, kelas VIII A mendapat berarti 53,5 dan kelas VIII B mendapat rata-rata 52,0. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan Model Power Of Two Terhadap Kemampuan Menulis Siswa, dan kelas kontrol tanpa menggunakan Model Power Of Two Terhadap Kemampuan Menulis Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, skor rata-rata kelas Eksperimental adalah 60,75 dan skor rata-rata kontrol adalah 59,33. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pada menulis siswa dengan menggunakan Model Power Of Two untuk mengajar menulis siswa, semoga dapat mengatasi masalah di atas, sehingga partisipasi siswa dan kemampuan menulis siswa meningkat.


Keywords  :  
Kata Kunci: Writing Ability and Model of Two Writing Ability and Model of Two
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-02
Cara Mengutip  :  
Kurniawan, a eki. (2019). PENGARUH MENGGUNAKAN MODEL POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 BANGKO TAHUN AKADEMIK 2018/2019. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.188
Terbitan  :